Pasar tunggu data inflasi AS, rupiah ditutup menguat

Pasar tunggu data inflasi AS, rupiah ditutup menguat

Dokumentasi - Karyawan menunjukkan uang rupiah dan dolar AS di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta. ANTARA FOTO/Reno Esnir.

Mayoritas mata uang di kawasan Asia juga menguat disamping investor yang mencermati rilis data Inflasi AS malam ini
Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis sore, ditutup menguat seiring pelaku pasar yang menantikan data inflasi Amerika Serikat.

Rupiah ditutup menguat 7 poin atau 0,05 persen ke posisi Rp14.248 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.255 per dolar AS.

"Mayoritas mata uang di kawasan Asia juga menguat disamping investor yang mencermati rilis data Inflasi AS malam ini," tulis Tim Riset Phillip Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta, Kamis.

Sikap investor yang cenderung melihat arah kebijakan Bank Sentral AS The Federal Reserve yang belum akan merubah kebijakan moneternya, membuat mata uang rupiah menguat.

Data penambahan pekerja yang belum sesuai dengan ekspektasi membuat pelaku pasar percaya The Fed belum akan merubah kebijakannya dalam waktu dekat.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dolar terhadap mata uang utama lainnya saat ini berada di level 90,205, naik dibandingkan posisi penutupan sebelumnya yaitu di posisi 90,120.

Imbal hasil obligasi AS tenor 10 tahun saat ini berada di level 1,501 persen, naik dibandingkan posisi penutupan sebelumnya 1,489 persen.

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat ke posisi Rp14.255 per dolar AS. Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran Rp14.230 per dolar AS hingga Rp14.255 per dolar AS.

Sementara itu, kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Kamis menguat ke posisi Rp14.240 dibandingkan posisi pada hari sebelumnya Rp14.262 per dolar AS.

Baca juga: Rupiah menguat jelang rilis data inflasi AS
Baca juga: Rupiah berpeluang menguat lagi, seiring imbal hasil obligasi AS turun
Baca juga: Rupiah ditutup menguat, ditopang sentimen global dan domestik

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Camat dengan ternak domba beromzet ratusan juta rupiah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar