Gubernur Diminta Lantik Bupati Lanny Jaya Papua

Jayapura (ANTARA News) - Anggota DPRD Kabupaten Lanny Jaya, Papua, Terius Yigibalom meminta Gubernur segera melantik penjabat bupati definitif di daerahnya yang telah disetujui Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

"Kami sudah mendapat informasi nama yang disetujui Mendagri, namun belum dilantik Gubernur Papua," ujar Terius Yigibalom, kepada pers di Jayapura, Selasa.

Hal disampaikan menyusul informasi yang diterima bahwa Penjabat Bupati Lanny Jaya diketahui dan telah mendapat restu dari Mendagri di Jakarta.

Jhon Way yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Jayawijaya, Papua, mendapat persetujuan dan sudah SKnya ditanda tangani Mendagri pada 17 Agustus 2010.

"Ini sesuai usulan dari Kabupaten Induk, Kabupaten Jayawilaja, sehingga apa yang diputuskan kami menerimanya, namun proses ini harus dipercepat," pintanya.

Roda pemerintahan Kabupaten Lanny Jaya hingga kini dipimpin Sekertaris Daerah (Sekda), Doren Wakerwa, SH, karena masih menunggu penjabat bupati yang sah.

Yigibalom yang juga Ketua KNPI Lanny Jaya berharap pemerintah provinsi Papua bisa lebih mengarahkan perhatian kepada daerah-daerah baru seperti Lanny Jaya.

"Ini penting, sehingga penyusunan APBD Lanny Jaya yang hingga kini belum dimulai dapat terwujud sesuai harapan masyarakat daerah tersebut," katanya.

Belum adanya penyusunan APBD itu karena kewenangan yang dimiliki pelaksana tugas Bupati yang dijabat Sekda Lanny Jaya belum dapat mengajukan RAPBD kabupaten itu.

Dia meminta Gubernur Papua tidak hanya mementingkan urusan di luar Papua saja, tetapi bisa melihat ke dalam daerah seperti Lanny Jaya.

"Sebab proses Pemilukada dan kesiapan KPUD setempat juga belum bisa berjalan sesuai harapan karena belum ada bupati yang dapat mendorong lembaga tersebut," tandasnya.  (ANT-186/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Gubernur Papua temui pengungsi Wamena

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar