Pfizer pangkas 400 ribu dosis vaksin COVID ke Norwegia

Pfizer pangkas 400 ribu dosis vaksin COVID ke Norwegia

Botol kecil dengan label vaksin penyakit virus korona (COVID-19) Pfizer-BioNTech, AstraZeneca, dan Moderna terlihat dalam foto ilustrasi yang diambil Jumat (19/3/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/hp/cfo/am.

Oslo (ANTARA) - Pfizer memangkas 400.000 dosis vaksin COVID-19 pengiriman Juli ke Norwegia, sehingga menunda peluncuran vaksinasi di negara Nordik tersebut, kata perusahaan dan Lembaga Kesehatan Masyarakat Norwegia (FHI) kepada Reuters, Kamis (10/6).

Kabar itu pertama kali dilaporkan oleh harian Norwegia VG, mengutip dewan Pfizer Norwegia, dan Geir Bukholm, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit FHI.

Pfizer merupakan penyedia vaksin utama untuk Norwegia, yang menghentikan penggunaan vaksin Astrazeneca dan hanya memberikan vaksin buatan Jenssen J&J dalam kondisi tertentu. Produsen itu kini akan menyediakan 800.000 dosis pada Juli, dari estimasi awal 1,2 juta dosis, kata cabang Pfizer kepada Reuters.

Akibatnya, program vaksinasi Norwegia akan tertunda satu hingga dua pekan ke depan dari rencana awal, kata FHI.

Pada 12 Mei Perdana Menteri Erna Solberg mengatakan pemerintah akan menyuntikkan dosis pertama vaksin bagi semua warga berusia 18 tahun ke atas pada 25 Juli.

Sumber: Reuters


Baca juga: Biden akan sumbang 500 juta dosis vaksin COVID-19 ke 90 negara

Baca juga: Pfizer akan beri AS 500 juta dosis vaksin COVID untuk disumbangkan

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar