Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng memberikan dukungan moril bagi Timnas U-16 dan juga Panitia Pelaksana kejuaraan Piala AFF yang akan digelar di Solo.

"Menpora Andi Mallarangeng mengatakan suksesnya pelaksanaan event ini secara otomatis akan lebih mengharumkan kota Solo, dan secara umum meningkatkan citra Indonesia di mata AFF dan bahkan dunia. Menpora sangat mendukung suksesnya pagelaran ini," ujar Ketua Panpel Petri Octavianus.

Petri bersama jajaran panitia pelaksana melaporkan kegiatan tersebut ke Kantor Menpora seusai melakukan rapat marathon di Senayan Jakarta, Rabu.

Kejuaraan sepak bola dua tahunan yang diselenggarakan oleh Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) ini dipentaskan selama delapan hari sejak 20 September hingga 28 September di Stadion Manahan Solo, diikuti oleh tuan rumah Indonesia, China, Vietnam dan Timor Leste.

Namun Petri tak bersedia memerinci bentuk dukungan Menpora tersebut, sebab sukses yang ingin dicapai meliputi dwi sukses yakni sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi.

"Menteri tidak hanya memberikan perhatiannya untuk penampilan timnas kita, tetapi juga kepada panitia pelaksana," ujar Petri Octavianus.

Menurutnya, Menteri Andi Alfian Mallarangeng meminta agar jajaran panpel bekerja keras untuk menyukseskan event dua tahunan AFF ini, sebab bagaimana pun ajang persaingan pemain muda ini mempertaruhkan nama bangsa dan memiliki prospek untuk dapat tampil ke level kompetisi yang lebih tinggi yakni Kejuaraan AFC U-16 yang akan diselenggarakan sebulan kemudian di Tashkent, Uzbekistan.

Terkait dengan suksesnya penyelenggaraan AFF U-16 Championship inilah Andi Mallarangeng mengutarakan kesiapan kantor kementeriannya untuk membantu kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh panpel.

"Hal ini yang membuat kami semakin optimis, bahwa event ini akan sukses," tambah Petri.

Dalam pertemuan dengan Menpora, Petri juga mengutarakan kesulitan panpel dalam menggaet sponsor atau mitra usaha yang bisa diajak bekerja-sama untuk membantu pendanaan pelaksanaan AFF U-16 Championship tersebut.

Walau demikian, kata Petri, hingga detik-detik terakhir panpel akan terus bekerja keras untuk menggalang dana, termasuk kerjasama dengan sponsor dan tayangan langsung dari salah satu stasiun televisi.(*)
(ANT-132/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010