Mexico City (ANTARA) - Sekitar seperempat dari 126 juta orang Meksiko diperkirakan telah terinfeksi virus corona, kata kementerian kesehatan pada Jumat (11/6), jauh lebih banyak daripada infeksi yang dikonfirmasi di negara itu.

Survei Kesehatan dan Gizi Nasional (Ensanut) 2020 menunjukkan bahwa sekitar 31,1 juta orang telah terinfeksi virus, kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan, mengutip Tonatiuh Barrientos, seorang pejabat di Institut Kesehatan Masyarakat Nasional.

Perkiraan itu diberikan ketika negara itu mencatat 3.282 kasus baru dan 243 kematian lebih banyak, menjadikan jumlah total infeksi yang dikonfirmasi menjadi 2.448.820 dan jumlah kematian menjadi 229.823.

Pemerintah telah mengatakan sebelumnya jumlah kasus sebenarnya kemungkinan akan jauh lebih tinggi.

Menurut Barrientos, tidak semua orang dalam perkiraan survei menunjukkan gejala. Survei ini didasarkan pada wawancara dengan orang-orang di 13.910 rumah tangga antara 17 Agustus dan 14 November tahun lalu, dan mengonfirmasi hasil awal yang dirilis pada bulan Desember.

Data terpisah yang diterbitkan pada Maret menunjukkan jumlah kematian aktual Meksiko setidaknya 60% di atas angka yang dikonfirmasi.

Sumber: Reuters
Baca juga: Meksiko catat kematian harian COVID terendah dalam setahun lebih
Baca juga: Meksiko berharap selesai memvaksin populasinya pada kwartal I 2022
Baca juga: Meksiko laporkan 2.192 kematian akibat COVID-19

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021