Padang, (ANTARA) - Manajer Semen Padang Football Club (SPFC) Effendi Syahputra meminta PSSI dan PT LIB selaku operator liga agar tidak mengubah format kompetisi Liga 2 menjadi turnamen antar-kampung atau tarkam.

"Kita vokal menyuarakan hal ini agar kompetisi ini kembali kepada marwahnya yakni dengan format dua wilayah," kata dia di Padang, Sabtu.

Menurut dia kompetisi Liga 2 sudah seharusnya dibuat dua wilayah dengan kompetisi penuh seperti musim sebelumnya.

Wacana kompetisi Liga 2 dengan sistem empat grup yang diisi enam tim di setiap grup mirip dengan tarkam dan tidak patut PSSI mengubah format liga.

"Ini kan seperti tarkam. Harusnya format kompetisi seperti biasa dan tim menjalani musim yang panjang," kata dia.

Baca juga: Manajer Semen Padang tolak ide empat grup Liga 2

Saat ini timnya mengontrak pemain dalam jangka waktu satu tahun. Jika format yang diwacanakan yang digunakan maka kompetisi akan selesai pada September 2021.

"Ini kan tidak elok. Kita harap PSSI berfikir logis karena sponsor juga ingin tim bermain di kompetisi penuh," kata dia.

Menurut dia jika dibuat dalam format biasa maka tim akan menjalankan 22 pertandingan. Semen Padang akan memanfaatkan itu untuk pemain muda.

"Dengan kompetisi yang panjang ada kesempatan bagi pemain muda menunjukkan kualitas. Kalau sistem enam grup tidak ada kesempatan bagi mereka karen tim ingin menang di setiap laga," kata dia.

Sebelumnya PSSI menggelar Kongres Biasa yang diikuti 87 voters menjadi peserta pada Kongres Tahunan PSSI 2021.

Baca juga: Kongres PSSI putuskan tiga hal soal Liga 1 musim 2021-2022

Beberapa poin-poin krusial yang dihasilkan dalam kongres untuk penyelenggaraan Liga 2 2021. salah satunya kepastian liga yang sudah mendapatkan izin bergulir dengan sistem promosi dan degradasi.

Selain itu format Liga 2 sendiri akan dibagi menjadi 4 grup yang berisi 6 tim yang nantinya dua tim teratas akan melaju ke babak selanjutnya.

Hasil Kongres Tahunan PSSI 2021 yakni kompetisi Liga 2 Musim 2021 dipastikan bergulir pada bulan Juli 2021.

Baca juga: LIB intensifkan persiapan Liga 1 dan 2 setelah Polri terbitkan izin

Kompetisi Liga 2 direncanakan di bagi 4 Grup dengan masing-masing grup di isi 6 team, dengan memakai promosi dan degradasi serta dua tim teratas masing-masing grup akan lolos ke babak 8 besar yang kembali dibagi menjadi 2 Grup.

Kemudian untuk juara dan runner-up masing-masing grup akan bertemu silang di semifinal dengan sistem single match, pemenangnya akan bertemu di final dan dipastikan Promosi ke Liga 1 dan hal-hal teknis lain akan diatur dalam manager meeting tim Liga 2 yang akan digelar pada 3 Juni 2021.

 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021