DPRD Banten studi banding pembangunan ekonomi Kabupaten Sumedang

DPRD Banten studi banding pembangunan ekonomi Kabupaten Sumedang

Anggota DPRD Banten Neng Siti Julaiha (kiri) bersama jajaran eksekutif dan politisi bertemu dengan Bupati Sumedang, Jawa Barat Dony Ahmad Munir dalam rangka studi banding pembangunan sektor pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif serta infrastruktur, Kamis (10/6/2021). ANTARA/HO-DPRD Banten/am.

Jakarta (ANTARA) - Anggota DPRD Banten bersama dengan jajaran eksekutif melakukan kunjungan ke Kabupaten Sumedang, Jawa Barat untuk melakukan studi banding pembangunan perekonomian seperti di sektor pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif serta infrastruktur.

Anggota Komisi III DPRD Banten Neng Siti Julaiha yang akrab disapa NJ, mengatakan bahwa kunjungan yang diterima langsung oleh Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir untuk melihat potensi pariwisata, ekonomi kreatif, pertanian dan pembangunan infrastruktur di kabupaten yang berbatasan langsung dengan Bandung tersebut.

“Kami bisa mendapatkan pemaparan langsung tentang potensi dan pembangunan perekonomian melalui Bupati Sumedang Bapak Donny. Kami dapat menggali berbagai informasi dari beliau terkait dengan pembangunan di Sumedang yang bisa menjadi rujukan kami dalam membangun Provinsi Banten,” ujar NJ dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu.

NJ mengatakan Sumedang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang terkenal dengan keindahan alamnya yang khas serta kuliner seperti tahu Sumedang serta pertanian dan pariwisatanya. Sumedang juga memiliki waduk terbesar kedua di Indonesia, yaitu Waduk Jatigede.

Ia menambahkan bahwa Pemkab Sumedang tengah gencar mengembangkan sektor pariwisata seperti tarian tradisional Umbul Kolosal yang akan dijadikan sebagai agenda wisata tahunan. Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga mendukung pembangunan pariwisata kawasan Jatigede.

Di sisi lain, menurut Anggota DPRD Banten dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, Provinsi Banten memiliki potensi pariwisata yang hampir sama yaitu agrikultur, ekowisata, serta seni budaya yang memiliki daya tarik bagi wisatawan.

“Tentu kami bisa belajar dari Kabupaten Sumedang yang juga sedang gencar menggerakkan sektor pariwisata untuk menumbuhkan perekonomian dan menciptakan lapangan pekerjaan.”

Kunjungan tersebut dilakukan pada Kamis (10/6/2021) dipimpin oleh Wakil Wali Kota Serang periode 2018 – 2023 yang juga Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Banten H. Subadri Ushuludin. Selain itu, turut hadir H. Uhen Zuheni (Ketua DPC Kota Serang), dan Nazil Fikri (Ketua DPC Kabupaten Tangerang) dan NJ yang juga Ketua DPC PPP Kabupaten Lebak. Selain studi banding, kunjungan menjadi ajang pertemuan sesama kader partai karena Dony Ahmad Munir menjabat sebagai Ketua Bidang Pemenangan Daerah Pemilihan DPP PPP.

"Kunjungan ini dalam rangka silaturahmi untuk bertukar pemikiran demi kemajuan Provinsi Banten dan kabupaten/kota di Banten serta daerah lainnya,” kata NJ yang menjabat Ketua Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI) Provinsi Banten, organisasi yang beranggotakan perempuan dari berbagai latar belakang dan profesi untuk menyatukan semua potensi mereka.

Sebagai salah satu sentra pertanian nasional pada Jumat (11/6/2021), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mengikuti kegiatan panen raya di Sumedang bersama dengan Dony Ahmad Munir. Anies menuturkan bahwa Sumedang merupakan salah satu lumbung penghasil beras, yang memasok kebutuhan pangan warga Jakarta, melalui PT Tjipinang Food Station sebagai penyuplai dan PD Pasar Jaya sebagai pihak yang memasarkan kebutuhan pangan tersebut.

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Anggota DPRD Kota Tangerang apresiasi percepatan vaksinasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar