Jakarta (ANTARA) - Penyerang tim nasional Finlandia, Teemu Pukki, mengaku senang bisa meraih kemenangan 1-0 atas Denmark dalam laga pembuka Grup B Euro 2020.

Kendati demikian, Pukki mengaku ia dan rekan-rekannya meninggalkan Stadion Parken, Kopenhagen, pada Sabtu waktu setempat (Minggu WIB), dengan pikiran yang tersita kekhawatiran atas kondisi bintang Denmark Christian Eriksen yang sempat kolaps di tengah laga.

Kemenangan ini menandai debut perdana Finlandia bukan hanya di Euro, tetapi juga babak utama semua turnamen internasional bergengsi.

"Saya lebih tegang dari biasanya, karena ini penampilan Euro perdana dan di kota yang berarti banyak bagi saya pribadi," kata Pukki selepas laga dilansir laman resmi UEFA.

Baca juga: Walau debutan, Finlandia dan Makedonia Utara bukan pelengkap EURO 2020
Baca juga: Finlandia tundukkan Denmark 1-0 setelah Christian Eriksen kolaps

Pukki sempat menghabiskan empat tahun berkarier di Denmark membela Brondby dan Stadion Parken merupakan markas musuh bebuyutan mereka, FC Copenhagen.

"Juga menyenangkan bisa main lagi di hadapan fan. Pertandingan ini butuh mereka dan cukup menyenangkan melihat beberapa suporter Finlandia di tribun stadion," katanya.

"Kami juga senang atas hasil ini, walaupun malam ini meninggalkan lebih banyak hal untuk dikhawatirkan," tutup Pukki.

Baca juga: Eriksen dibawa ke rumah sakit dalam kondisi stabil setelah kolaps
Baca juga: Presiden UEFA doakan Christian Eriksen lekas pulih


Eriksen kolaps pada menit ke-43 dan membuat pertandingan ditangguhkan memberi kesempatan gelandang Denmark itu dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Pernyataan resmi federasi sepak bola Denmark, DBU, menyebut Eriksen sudah dalam kondisi sadar dan bisa berkomunikasi verbal dengan rekan-rekannya.

Finlandia selanjutnya akan terbang ke Saint Petersburg menghadapi tuan rumah Rusia di Stadion Krestovsky pada Rabu (16/6), sementara di hari yang sama Denmark menjamu tim kuat Belgia.

Baca juga: Dwigol Lukaku antar Belgia bungkam Rusia 3-0
Baca juga: FA ajak suporter hormati pemain Inggris lakoni aksi berlutut
Baca juga: Bale puji determinasi Wales sambil keluhkan cuaca Baku

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021