Vaksinasi massal 1.200 warga wilayah rentan difasilitasi Polres Bekasi

Vaksinasi massal 1.200 warga wilayah rentan difasilitasi Polres Bekasi

Vaksinasi massal terhadap 150 warga Perumahan Graha Asri Desa Jatireja, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Senin (14/6/2021). (FOTO ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

Herd immunity setelah vaksinasi diharapkan mampu menekan lonjakan kasus COVID-19 usai Lebaran laluĀ agar tidak menyebar
Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Metropolitan Bekasi menggelar vaksinasi COVID-19 massal terhadap 1.200 warga di delapan kecamatan berstatus wilayah rentan penyebaran virus corona guna mengantisipasi lonjakan kasus sekaligus menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity.

"Herd immunity setelah vaksinasi diharapkan mampu menekan lonjakan kasus COVID-19 usai Lebaran lalu agar tidak menyebar," kata Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Hendra Gunawan yang juga menjabat Wakil Ketua Satgas COVID-19 Kabupaten Bekasi di Cikarang, Senin.

Ia mengatakan 1.200 warga itu tersebar di delapan wilayah rentan penyebaran COVID-19 antara lain Perumahan Telaga Murni dan Gudang Ekspedisi Argo Pantes MM2100 di Kecamatan Cikarang Barat.

Kemudian Perumahan Regensi Wanasari Kecamatan Cibitung. Perumahan Graha Asri Jatireja Kecamatan Cikarang Timur dan Perumahan Griya Hagar Asri Hegarmukti Kecamatan Cikarang Pusat.

Selanjutnya Perum Taman Seruni Mekarmukti Kecamatan Cikarang Utara, Desa Sukasejati Kecamatan Cikarang Selatan, dan Dariza Sport Club Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan.

"Jadi semua masyarakat umum boleh, tidak mesti khusus lansia dan sebagainya, kecuali pekerja yang sudah terdaftar program vaksinasi gotong royong," katanya.

Ia Menambahkan vaksin yang digunakan pada vaksinasi massal ini adalah AstraZeneca. Kegiatan ini gratis dan diperuntukkan bagi masyarakat umum berusia di atas 18 tahun serta lolos pemeriksaan kesehatan.

"Kegiatan ini serentak dilakukan di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya. Di wilayah hukum Polres Metro Bekasi ada delapan lokasi. Tiap titik 150 orang sehingga total ada 1.200 warga yang divaksin," katanya.

Vaksinasi massal ini rencananya akan dijadwalkan kembali di sejumlah lokasi rentan lain. Hendra berharap kegiatan ini dapat meringankan tugas Satgas COVID-19 dalam mencegah penyebaran virus corona.

Menurut dia vaksinasi COVID-19 diperlukan masyarakat dengan harapan memiliki imunitas cukup agar terhindar dari paparan virus corona atau tidak mengalami kondisi buruk jika sampai terpapar.

"Ini salah satu ikhtiar kami (kepolisian) dalam membantu pemerintah menyukseskan program akselerasi vaksinasi agar 70 persen penduduk Indonesia bisa divaksin sehingga mencapai kekebalan kelompok," demikian Hendra Gunawan.

Baca juga: Kabupaten Bekasi terima 32.300 dosis vaksin COVID-19

Baca juga: 91.354 warga Bekasi sudah divaksin COVID-19

Baca juga: Polres Bekasi sukseskan vaksinasi sejuta dosis sehari

Baca juga: Bupati Bekasi dorong perusahaan ikut vaksinasi gotong royong

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

1.500 karyawan perbankan di Medan ikut vaksinasi COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar