Piala Eropa 2020

Preview Euro 2020: Spanyol vs Swedia

Oleh Jafar M Sidik

Preview Euro 2020: Spanyol vs Swedia

Para pemain timnas Spanyol dalam sesi latihan di Stadion La Cartuja di Sevilla pada 13 Juni 2021 menjelang pertandingan Grup E EURO melawan Swedia. (AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU)

Jakarta (ANTARA) - Persiapan Spanyol dalam menghadapi pertandingan pertamanya pada Euro 2020 melawan Swedia di Sevilla, Senin malam waktu setempat atau Rabu dini hari pukul 02.00 WIB, agak terganggu oleh dua pemainnya yang positif COVID-19.

Kapten Sergio Busquets yang Minggu pekan lalu positif terpapar COVID-19 memaksa skuad diisolasi sehingga jadwal latihan Spanyol pun terganggu sampai-sampai laga pemanasan melawan Lithuania pun memaksa Spanyol diwakili oleh tim U-21.

Bek Diego Llorente juga dinyatakan positif dua hari kemudian sehingga menambah pelik masalah. Tapi sang bek dinyatakan negatif pada tes kedua.

Baca juga: Kapten timnas Spanyol Sergio Busquet positif COVID-19
Baca juga: Terbukti negatif COVID-19, Llorente akan kembali ke skuad Spanyol

“Ketika hal sebesar ini terjadi maka sudah pasti berpengaruh besar. Ada ketidakmenentuan dan itu membuat gelisah,” kata pelatih Timnas Spanyol Luis Enrique, Kamis pekan lalu, seperti dikutip Reuters.

Busquets yang menjadi satu-satunya anggota skuad tersisa yang menjuarai Piala Dunia 2010 setelah Sergio Ramos dicoret, kemungkinan besar absen melawan Swedia tetapi sudah siap kala menghadapi Polandia dalam pertandingan kedua.

Baca juga: Timnas Spanyol tidak bawa Sergio Ramos ke Euro 2020

Walaupun skuad diisi oleh banyak pemain muda yang lapar catatan besar dalam turnamen besar seperti Euro, Spanyol tetap membutuhkan para pemimpin tim yang berpengalaman setelah tergelincir pada Piala Dunia 2014 dan 2018 serta Euro 2016.

Aymeric Laporte yang pindah kewarganegaraan dari Prancis menjadi Spanyol akan dipasangkan dengan Pau Torres di belakang kiper Unai Simon, sedangkan Marcos Llorente menyamping sebagai bek kanan setelah tampil cemerlang dalam posisi ini bersama juara liga Atletico Madrid.

Di depan dan tengah, sebagaimana biasa, Spanyol dilimpahi bakat-bakat yang luar biasa, termasuk Dani Olmo, Ferran Torres, Gerard Moreno dan Alvaro Morata.

Sementara itu Swedia yang kalah 0-3 dan seri 1-1 melawan Spanyol dalam putaran kualifikasi turnamen ini, juga diserang COVID-19 ketika Dejan Kulusevski dan Mattias Svanberg terpaksa keluar dari skuad karena positif terpapar virus corona.
 
Gelandang serang tim nasional Swedia Dejan Kulusevski saat tampil dalam laga pemanasan jelang EURO 2020 melawan Armenia di Stadion Friends Arena, Stockholm, Swedia, Sabtu (5/6/2021). (ANTARA/REUTERS/BILDYBRAN/Jesper Zerman)

Baca juga: Dejan Kulusevski positif COVID-19, absen di laga pembuka Swedia

Tim asuhan Janne Andersson yang berlatih di kedinginan di Gothenburg ini mungkin juga menghadapi masalah tambahan dari panasnya kota Sevilla yang diperkirakan mencapai 27 derajat Celsius ketika kickoff.

Ini berbalikkan dengan Spanyol yang terbiasa dalam cuaca panas, ditambah mendapatkan keuntungan bermain di hadapan pendukung sendiri sekalipun Stadion La Cartuja di Sevilla yang menggantikan San Memes di Bilbao, hanya membolehkan 16.000 penonton.

Prediksi line-up (laman UEFA-Euro 2020)

Spanyol: Unai Simon: Cesar Azpilicueta, Aymeric Laporte, Pau Torres, Jordi Alba: Marcos Llorente, Rodri, Pedri: Gerard Moreno, Alvaro Morata, Ferran Torres

Swedia: Robin Olsen; Mikael Lustig, Victor Lindelof, Marcus Danielson, Ludwig Augustinsson; Sebastian Larsson, Albin Ekdal, Kristoffer Olsson, Emil Forsberg; Alexander Isak, Marcus Berg

Baca juga: Kapten tim terkena COVID-19, Spanyol panggil pemain tambahan

Selanjutnya skenario pertandingan

Oleh Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cegah COVID-19, nobar Piala Eropa dilarang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar