Gubernur NTB ajukan pengembangan Geopark Tambora

Gubernur NTB ajukan pengembangan Geopark Tambora

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), H Zulkieflimansyah. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat, H Zulkieflimansyah, mengajukan program pengembangan Geopark Tambora Pulau Sumbawa kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

"Alhamdulillah, kita sudah langsung ajukan pengembangan kawasan Geopark Tambora Pulau Sumbawa pada Pak Menteri Pariwisata. Sehingga, ke depannya kita harapkan Geopark Tambora bisa lebih optimal memberi manfaat pada masyarakat Bima-Dompu serta Pulau Sumbawa," ujar Gubernur NTB dalam keterangan tertulis diterima wartawan di Mataram, Senin.

Menurutnya, amanah pengembangan Geopark telah tertuang dalam Perpres Nomor 9 tahun 2019 tentang Geopark dan Permenparekraf Nomor 2 tahun 2020 tentang pengembanga Geopark sebagai destinasi wisata.

Baca juga: Waketum Kadin Indonesia: Geopark Belitong barometer KEK Pulau Bangka

"Karena Geopark Tambora saat ini telah berstatus Geopark Nasional, maka kita memang punya peluang untuk meminta support-support dari kementerian terkait. Termasuk Kemenparekraf. Do'a kan agar program yang kita ajukan dapat segera direalisasikan oleh kementerian terkait," katanya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyambut baik proposal program yang diajukan oleh Gubernur NTB tersebut dan akan memberikan dukungan pada Geopark Tambora.

"Kami siap support Geopark Tambora. Semoga ke depannya bisa jadi UNESCO Global Geopark. Serta menjadi daya tarik pariwisata yang berkelanjutan. Bisa membuka peluang usaha ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Sandiaga.

Sementara itu, General Manager Geopark Tambora, Hadi Santoso, menjelaskan program pengembangan Geopark Tambora berdasarkan masukan Dewan Pelaksana Geopark Tambora dari masukan formal/informal berbagai stakeholder terkait, termasuk Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu, Kabupaten/Kota Bima, Balai Taman Nasional Tambora, Balai KSDA, Dinas lingkup Pemerintah Provinsi NTB, Perguruan Tinggi, NGO, masyarakat adat.

"Insya Allah, proposal program yang diajukan sudah sangat komprehensif. Dari mulai permintaan pembangunan bandara perintis kawasan Geopark Tambora di bagian Dompu. Perbaikan akses, fasilitas/amenitas di kawasan wisata. Pendidikan dan pelatihan untuk masyarakat pelaku wisata. Termasuk bantuan peralatan bagi UMKM di lingkar Tambora," katanya.

Baca juga: Sekda Bogor ingatkan kembali upaya kembangkan Geopark Pongkor
Baca juga: Geopark Ciletuh akan dilengkapi pembangkit listrik tenaga angin

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Realisasi insentif nakes NTB hingga Juli 40,51 persen

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar