Erick Thohir ungkap keberhasilan benahi Pertashop

Erick Thohir ungkap keberhasilan benahi Pertashop

Menteri BUMN Erick Thohir saat meninjau salah satu outlet Pertashop di Jawa Barat. Dokumentasi Pertamina

Saya bersama tim MES mulai melakukan kurasi ulang terkait apa yang salah dengan Pertashop
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Erick Thohir mengungkapkan keberhasilannya bersama tim dari MES melakukan pembenahan Program Pertashop sehingga bisa menyalurkan BBM ke pelosok daerah melalui pengusaha daerah dan pesantren.

Erick Thohir mengatakan Pertashop bukanlah produk baru, karena sudah ada sejak 2019. Namun, kata dia, begitu dihibahkan ke 200 pesantren saat ini tidak ada yang berjalan.

"Saya bersama tim MES mulai melakukan kurasi ulang terkait apa yang salah dengan Pertashop. Kita sepakat tidak mau memberikan ikan, tetapi kasih kail karena kalau ikan nantinya masyarakat akan memudahkan dan beranggapan hal tersebut merupakan pemberian atau dikasih. Sekarang kita perbaiki konsep Pertashop di mana ada pendampingan finansial," kata Erick Thohir di Jakarta, Senin malam.

Ia menjelaskan, telah menunjuk Bank Syariah Indonesia (BSI) untuk melakukan pendampingan bagi pesantren, sedangkan pendampingan bagi pengusaha daerah dilakukan BRI atau bank Himbara lainnya.

Baca juga: Kementerian ESDM dorong Pertamina dirikan 10.000 Pertashop

"Tetapi juga kita lakukan kurasi dan pastikan supaya Pertashop hidup maka per titik 5 km, tidak boleh menyalahi SOP yang disepakati. Kalau tidak maka per titik tersebut tidak akan mencapai impas atau break event point dengan minimal penjualan BBM 400 liter/hari," kata Erick Thohir.

Banyak pengusaha daerah yang ikut Program Pertashop berhasil mencapai target seperti  pengusaha di Cimahi, Jawa Barat, yang berhasil menjual BBM sebanyak 2.000 liter.

Erick Thohir mengatakan akan melibatkan lebih banyak pesantren dan pengusaha daerah dalam program tersebut. "Kita turun ke Pesantren, kita pastikan pesantren itu juga dengan Program MES yang sudah kita putuskan kalau bisa tahun ini 1.000 pesantren bersama Pertashop," katanya.

Ia mengatakan pada Juli 2021 akan menandatangani kerja sama dengan 250 pengusaha di Jawa Timur untuk Program Pertashop.

Saat ini sudah dan siap beroperasi sebanyak 2.100 unit Pertashop yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

Baca juga: Salurkan BBM di pedesaan, Erick Thohir apresiasi kehadiran Pertashop
 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Erick Thohir pastikan ketersediaan obat terapi COVID-19 hingga September

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar