BI Banten: Pembentukan tim digitalisasi daerah untuk transparansi PAD

BI Banten: Pembentukan tim digitalisasi daerah untuk transparansi PAD

Deputi Direktur Kantor Perwakilan BI Provinsi Banten, Erry P Suryanto usai Audensi dengan Sekda Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri di ruang rapat sekda Senin, (14/6/). ANTARA/Diskominfosatik.

Serang (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang untuk segera membentuk Tim Percepatan dan Penerapan Digitalisasi Daerah (P2DD) yang bertujuan agar penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) lebih transparan, dengan tata kelola yang baik dan meningkatkan PAD.

“Pembentukan Tim P2DD untuk Kabupaten Serang ini merupakan amanah dari Keppres Nomor 3 Tahun 2021 yang diterbitkan Maret 2021, bahwa pihak daerah wajib untuk membentuk P2DD,” kata Deputi Direktur Kantor Perwakilan BI Provinsi Banten, Erry P Suryanto usai audensi dengan Sekda Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri di Serang, Senin.

Menurut Erry, saat ini pertumbuhan ekonomi agak terkontraksi, sehingga semua daerah agar bisa lebih mandiri dengan mengoptimalkan PAD-nya masing-masing.

P2DD nantinya diketuai oleh Bupati Serang, wakil dari Bank Indonesia, kemudian nanti Ketua Pelaksana Harian Pak Sekda, dan anggotanya organisasi perangkat daerah (OPD) penghasil, sama Bank Indonesia dan juga otoritas jasa keuangan (OJK ).

Pada audiensi ini, pihaknya meminta kesempatan waktu kepada Bupati Serang melalui Sekda dengan mengusulkan waktu untuk penandatanganan SK Ketua P2DD bersamaan dengan Kabupaten Tangerang

“Dari delapan kabupaten/kota dan satu provinsi, sudah tujuh yang membentuk Tim P2DD. Saat ini tinggal dua, Kabupaten Serang dan Kabupaten Tangerang yang terakhir,” jelas Erry.

Disisi lain, Erry memuji Pemkab Serang karena dianggap cukup bagus dalam mengimplementasikan  program digitalisasi atau Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), di mana untuk tingkat provinsi rangking ke dua, dan tingkat nasional ke-22.

“Kita akan dorong lagi karena masih perlu dioptimalkan. Baik retribusi maupun pajak daerah, mungkin harus lebih dioptimalkan kembali,” tandas Erry.

Sekda Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri didampingi Kepala Diskominfosatik, Anas Dwi Satya Prasadya, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Ishak Abdul Rouf, perwakilan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) dan Bagian Hukum mengapresiasi akan dibentuknya Tim P2DD.

“Makna yang luar biasa bagi Pemda Serang dalam rangka pembentukan Tim P2DD. Kami sangat mendukung, mendukung Bank Indonesia. Kami mengapresiasi karena manfaatnya luar biasa,“ ujarnya.

Berkenaan dengan waktu pelaksanaan penandatangan SK Ketua Tim P2DD, Entus berjanji pada hari ini juga pihaknya menyampaikan kepada Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.

Mantan Kepada BKD Kabupaten Serang ini mengusulkan, untuk seremonial penandatangan SK Ketua Tim P2DD agar dilaksanakan di wilayah Wisata Pantai Anyer.

“Harapannya di Anyer pelaksanaannya, dalam rangka pemulihan ekonomi,” ucap Entus.
Baca juga: BI Banten dan enam bank permudah penjualan kartu uang elektronik
Baca juga: BI Banten optimistis vaksinasi jadi pendorong pertumbuhan ekonomi
Baca juga: Bahlil dorong pusat pengembangan ekonomi baru di Banten

 

Pewarta: Sambas
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar