Piala Eropa 2020

Soal gol indahnya, Schick akui sudah amati pergerakan kiper Skotlandia

Soal gol indahnya, Schick akui sudah amati pergerakan kiper Skotlandia

Penyerang tim nasional Republik Ceko Patrik Schick melakukan selebrasi seusai mencetak gol dari dekat garis tengah lapangan ke gawang Skotlandia dalam pertandingan Grup D Euro 2020 di Stadion Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Senin (14/6/2021). ANTARA/REUTERS/POOL/Robert Perry.

Jakarta (ANTARA) - Penyerang tim nasional Republik Ceko Patrik Schick mengakui sudah mengamati pergerakan kiper Skotlandia David Marshall sejak babak pertama sebelum mencetak gol indahnya dalam pertandingan Grup D Euro 2020 di Hampden Park, Glasgow, Senin.

Schick mencetak gol keduanya dengan tendangan dari dekat garis tengah lapangan dan bola tidak mampu dikejar oleh Marshal yang ketika serangan balik Ceko dimulai berdiri di luar kotak penalti Skotlandia.

Menurut laman pencatat statistik Opta, merupakan jarak terjauh dalam sebuah pertandingan babak utama Euro sepanjang masa.

"Sepanjang laga saya terus melihat di mana kiper lawan berdiri, bila mana situasi semacam itu bisa muncul. Lantas situasi itu datang dan saya lihat di jauh dari gawangnya, sehingga saya melepaskan tendangan itu," ujar Schick selepas laga dilansir laman resmi UEFA.

"Sungguh fantastis ketika melihat bola masuk dengan sempurna. Saya segera berlari untuk merayakan dengan suporter kemi yang ada di stadion," katanya menambahkan.

Baca juga: Patrik Schick bawa Ceko raih kemenangan 2-0 atas Skotlandia

Schick memborong dua gol kemenangan Ceko, setelah membuka keunggulan timnya tiga menit jelang turun minum lewat sundulan dalam situasi sepak pojok.

Kendati demikian, Schick memberi kredit besar terhadap penampilan rekannya, kiper Tomas Vaclik yang disebutnya bermain fenomenal menggagalkan beberapa peluang berbahaya Skotlandia.

"Tomas Vaclik sangat fenomenal hari ini, ia banyak membantu kami," katanya.

"Jika Skotlandia mencetak satu gol saja, pertandingan akan berubah menjadi kegugupan bagi kami," ujar Schick melengkapi

Dengan dua gol itu, Schick saat ini berbagi tempat dengan penyerang Belgia Romelu Lukaku sebagai pemimpin daftar top skor sementara Euro 2020.

Schick tentu berharap bisa menambah pundi-pundi golnya, tetapi penyerang Bayer Leverkusen itu menegaskan yang terpenting adalah Ceko tampil dengan semangat dan kepaduan yang sama untuk dua pertandingan sisa di Grup D.

Baca juga: Ceko kantungi kemenangan 3-1 atas Albania songsong EURO 2020
Baca juga: Data dan fakta Republik Ceko di Euro 2020

Ceko di edisi 2016 berakhir sebagai juru kunci di fase penyisihan grup, hanya empat tahun setelah mencapai perempat final.

"Kami harus menghadapi dua pertandingan berikutnya melawan Kroasia dan Inggris dengan kerja sama dan semangat yang sama," katanya.

"Kami harus mengerahkan kemampuan lebih untuk dua pertandingan itu. Saya yakin kami akan bisa tampil bagus," tutup Schick.

Ceko saat ini memimpin klasemen sementara Grup D berbekal keunggulan selisih gol dan akan menghadapi Kroasia di Hampden Park, Jumat (18/6) sebelum terbang ke London melawan Inggris empat hari berselang.

Baca juga: Slovakia atasi Polandia 2-1 diwarnai kartu merah dan gol bunuh diri
Baca juga: Christian Eriksen jalani pemeriksaan terperinci
Baca juga: Blind sempat terpikir tak main karena terpengaruh insiden Eriksen

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cegah COVID-19, nobar Piala Eropa dilarang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar