Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Slovakia Stefan Tarkovic memuji keberhasilan para pemainnya mematikan pergerakan Robert Lewandowski yang disebutnya menjadi kunci kemenangan 2-1 atas Polandia dalam laga pembuka Grup E Euro 2020 di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia, Senin waktu setempat (Minggu WIB).

Lewandowski tiba di laga ini dengan reputasi sebagai pemegang rekor top skor semusim Bundesliga lewat 41 gol bersama Bayern Muenchen, tetapi penyerang Polandia itu dibuat tak berkutik oleh pengawalan ketat para pemain Slovakia sepanjang laga.

Satu-satunya peluang Lewandowski muncul dua menit jelang bubaran normal ketika menyambut sepak pojok Jakub Moder, sayang sundulannya masih melenceng dari sasaran.

Setelah itu, Lewandowski menyajikan umpan pantul untuk Karol Swiderski sayang tembakan pemain pengganti itu bisa diamankan oleh kiper Martin Dubravka.

Baca juga: Slovakia atasi Polandia 2-1 diwarnai kartu merah dan gol bunuh diri

"Kami sudah menyiapkan rencana untuk mematikan pergerakan Lewandowski dan kabar baiknya adalah kami mampu melakukannya," kata Tarkovic dikutip dari laman resmi UEFA.

Tarkovic juga secara khusus menyebut penampilan apik pemain sayap Lukas Haraslin dan bek tengah Milan Skriniar yang mencetak gol penentu kemenangan Slovakia.

"Kami sudah menganalisis gaya bermain Polandia secara rinci dan mereka kerap menyerang dari sisi kiri, tapi Lukas Haraslin memberikan penampilan gemilang untuk meredam itu semua," katanya.

"Milan Skriniar juga tampil amat sangat baik dalam menyerang maupun bertahan," ujar Tarkovic menambahkan.

Tim besutan Tarkovic memimpin lebih dulu lewat gol bunuh diri kiper Wojciech Szczesny yang gagal mengantisipasi sepakan Robert Mak tetapi keunggulan lenyap dalam menit pertama babak kedua akibat gol Karol Linetty.

Baca juga: Data dan fakta timnas Slowakia di Euro 2020

Kartu kuning kedua yang diterima Grzegorz Krychowiak pada menit ke-62 membalikkan kembali momentum pertandingan dan Slovakia langsung memanfaatkan situasi 11 lawan 10 untuk merestorasi keunggulan tujuh menit berselang lewat gol Skriniar.

"Kami sudah mengantisipasi pertandingan akan berjalan seperti ini. Babak pertama kami main sangat luar biasa," kata Tarkovic.

"Kami sempat lengah di awal babak kedua, tetapi kemudian bisa mencetak gol lagi dan bertahan di menit-menit akhir," tutupnya.

Slovakia selanjutnya akan tetap main di Saint Petersburg menghadapi Swedia untuk pertandingan kedua Grup E pada Jumat (18/6).

Baca juga: Soal gol indahnya, Schick akui sudah amati pergerakan kiper Skotlandia
Baca juga: Robertson akui optimalisasi peluang jadi perbedaan Skotlandia dan Ceko
Baca juga: Christian Eriksen jalani pemeriksaan terperinci

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021