Hujan disertai petir diprakirakan meliputi tiga ibu kota provinsi

Hujan disertai petir diprakirakan meliputi tiga ibu kota provinsi

Dokumentasi - Cahaya kilat terlihat di langit saat mendung meliputi wilayah Jakarta. ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA.

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan pada Selasa hujan disertai petir meliputi tiga ibu kota provinsi, yakni Kota Bengkulu, Kota Jakarta Pusat, dan Kota Banjarmasin.

Menurut siaran informasi di laman resmi BMKG, hujan disertai petir berpeluang terjadi di Kota Bengkulu, ibu kota Provinsi Bengkulu, pada malam hari.

Sedangkan wilayah Ibu Kota Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Pusat, berpotensi menghadapi hujan disertai petir pada dini hari dan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin, berpeluang menghadapi hujan disertai petir pada siang hari.

Hujan dengan intensitas sedang menurut prakiraan BMKG berpotensi turun pada malam hari di Kota Ambon, ibu kota Provinsi Maluku, dan Kota Medan, ibu kota Provinsi Sumatera Utara.

Sementara Kota Banda Aceh di Provinsi Aceh, Kota Yogyakarta di Daerah Istimewa Yogyakarta, Kota Surabaya di Provinsi Jawa Timur, dan Kota Samarinda di Kalimantan Timur menurut prakiraan cuaca BMKG akan berawan tebal.

Menurut BMKG, suhu di kota-kota besar di Indonesia rata-rata berkisar 23 hingga 33 derajat Celsius dengan tingkat kelembapan berkisar 60 hingga 100 persen.

BMKG juga menyampaikan peringatan dini mengenai potensi terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di bagian wilayah Provinsi Bali, Maluku, dan Kalimantan Selatan dari pagi hingga siang.

Baca juga:
Perubahan iklim sebabkan peningkatan frekuensi cuaca ekstrem Indonesia
Siklon Surigae diperkirakan pengaruhi cuaca sebagian wilayah Indonesia

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BMKG: cuaca ekstrem dipicu peningkatan gas rumah kaca

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar