Pria yang punya 39 istri meninggal di India

Pria yang punya 39 istri meninggal di India

Dokumentasi - Keluarga Ziona berfoto bersama di desa Baktawng, Mizoram, India, 7 Oktober 2011 ANTARA/REUTERS/Adnan Abidi.

Jakarta (ANTARA) - Pria 76 tahun yang punya 39 istri dan 94 anak dan disebut sebagai kepala keluarga terbesar di dunia telah meninggal di India, Minggu waktu setempat. Memiliki total 167 anggota keluarga, Ziona Chana adalah kepala komunitas Kristen setempat yang memperbolehkan poligami. Menurut media setempat, keluarganya punya anggota terbanyak di dunia, yakni 167 orang termasuk cucunya sebanyak 33 orang.

Winston Blackmore, kepala poligami komunitas Mormon di Kanada, punya sekitar 150 anak dari 27 istri, 178 jumlah anggota keluarga.

Ziona bersama keluarganya tinggal di bangunan megah empat lantai berwarna pink berisi sekitar 100 kamar di Baktawng, desa terpencil di Mizoram yang jadi tempat wisata.

Kelompok bernama "Chana" didirikan ayah Ziona pada 1942 dan terdiri dari ratusan keluarga. Ziona menikahi istri pertamanya pada 17 tahun, dan mengklaim dia pernah menikahi 10 istri dalam setahun.

Mereka berbagi tempat di asrama dekat kamar pribadi kepala keluarga, dan penduduk setempat mengatakan dia senang ditemani tujuh atau delapan istri di sampingnya sepanjang waktu.

Walau sudah memiliki keluarga besar, Ziona mengatakan kepada Reuters dalam wawancara pada 2011 bahwa dia ingin menambah lagi anggota keluarga.

"Saya siap memperbesar keluarga dan bersedia menikah lagi," katanya.

"Saya memiliki begitu banyak orang untuk dirawat dan dijaga, dan saya menganggap diri saya orang yang beruntung."


Baca juga: Pria India Punya 50 Istri, 109 Anak

Baca juga: Desa India berdoa kepada "dewi corona" demi selamatkan diri dari virus

Baca juga: Perempuan tertinggal dalam vaksinasi COVID-19 di India

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sambaran petir tewaskan hampir 70 orang di India

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar