AS, Kanada akan bahas pencabutan aturan pembatasan di perbatasan

AS, Kanada akan bahas pencabutan aturan pembatasan di perbatasan

Bendera AS dan Kanada berkibar di perbatasan Kanada-Amerika Serikat. ANTARA/REUTERS/Lars Hagberg/am.

Washington (ANTARA) - Pejabat Amerika Serikat dan Kanada akan bertemu pada Selasa untuk membahas langkah-langkah untuk akhirnya mencabut aturan pembatasan di wilayah perbatasan antara kedua negara yang diterapkan akibat pandemi COVID-19.

Namun, kedua pihak tidak mengharapkan ada tindakan segera untuk pencabutan pembatasan, kata beberapa narasumber yang mengetahui masalah tersebut kepada Reuters.

Para pemimpin bisnis AS dan Kanada telah menyuarakan keprihatinan yang meningkat tentang larangan perjalanan untuk urusan yang tidak penting di perbatasan darat kedua negara karena COVID-19 yang diberlakukan pada Maret 2020 dan terus diperpanjang setiap bulan sejak itu.

Baca juga: AS, Kanada, Meksiko masih tutup perbatasan hingga Desember
Baca juga: Kanada kurangi pembatasan perbatasan untuk reunifikasi keluarga


Langkah-langkah pembatasan tersebut, yang juga berlaku untuk perbatasan AS-Meksiko, tidak memengaruhi perdagangan atau perjalanan penting lainnya.

Pembatasan saat ini akan berakhir pada 21 Juni, tetapi para pejabat dan kalangan industri AS berharap masa aturan pembatasan akan diperpanjang lagi.

Reuters melaporkan pada 8 Juni bahwa pemerintahan Presiden Joe Biden membentuk kelompok kerja ahli dengan Kanada, Meksiko, Uni Eropa, dan Inggris untuk menentukan cara terbaik untuk memulai kembali perjalanan dengan aman setelah 15 bulan pembatasan akibat pandemi.

Pemerintah AS diperkirakan akan melakukan pertemuan dengan Meksiko akhir pekan ini serta pertemuan dengan Inggris dan Uni Eropa saat ini ditetapkan untuk pekan depan, tetapi waktunya masih bisa berubah.

Informasi itu disampaikan oleh tiga nara sumber yang diberi pengarahan tentang pertemuan tersebut.

Pembatasan perjalanan yang diterapkan AS mencegah sebagian besar warga negara non-AS yang dalam 14 hari terakhir telah berada di Inggris, 26 negara wilayah Schengen di Eropa yang tanpa kontrol perbatasan, Irlandia, China, India, Afrika Selatan, Iran, dan Brazil untuk bepergian ke Amerika Serikat.

Reuters melaporkan sebelumnya bahwa para pejabat dan petugas maskapai AS memperkirakan pembatasan perjalanan AS tidak akan dicabut sampai sekitar paling cepat pada 4 Juli.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada Minggu (13/6) mengatakan bahwa dia telah berbicara dengan Presiden AS Joe Biden tentang langkah pencabutan pembatasan, tetapi dia menjelaskan bahwa tidak ada terobosan yang dicapai.

Kedua pejabat mengatakan kelompok kerja dari masing-masing negara diharapkan bertemu dua kali sebulan.

Kanada pekan lalu mengambil langkah pertama yang hati-hati, dengan mengatakan pihaknya siap untuk melonggarkan protokol karantina bagi warga yang telah divaksin penuh yang kembali ke dalam negeri mulai awal Juli.

Sumber: Reuters

Baca juga: Kanada siap terima mingran Amerika Tengah untuk bantu AS
Baca juga: Biden, Trudeau janji akan menentang China dan tangani iklim

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar