Perpusnas minta Lampung terus tingkatkan minat literasi masyarakat

Perpusnas minta Lampung terus tingkatkan minat literasi masyarakat

Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando. Bandarlampung, Selasa (15/6/2021). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando meminta Pemerintah Provinsi Lampung untuk terus aktif meningkatkan minat literasi masyarakat.

"Budaya membaca merupakan hal yang sangat penting untuk membantu sebuah negara ataupun daerah menjadi lebih maju dan berkembang, sehingga meningkatkan minat literasi penting untuk dilakukan," ujar Muhammad Syarif Bando, di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan untuk meningkatkan minat literasi masyarakat, peran pemerintah daerah dalam menyediakan fasilitas pendukung literasi harus dilakukan.

"Semua harus berperan untuk meningkatkan minat literasi, semua fasilitas penunjang harus disediakan. Salah satu contohnya harus ada buku baru setiap tahun di perpustakaan umum yang ada di kota hingga tingkat desa," ucapnya.

Baca juga: Tingkatkan kualitas layanan perpustakaan, Bekasi pakai "Inslite"

Baca juga: Ketua DPD minta generasi milenial tingkatkan minat baca


Menurutnya, upaya Pemerintah Lampung dalam meningkatkan minat literasi salah satunya dengan penyediaan fasilitas literasi menjadi salah satu bentuk perbaikan minat membaca masyarakat.

Hal serupa juga dikatakan oleh Sekretaris Daerah Fahrizal Darminto.

"Peningkatan fasilitas bahan bacaan hingga tingkat desa menjadi salah satu upaya untuk mempermudah akses masyarakat dalam memperoleh informasi," ujar Fahrizal Darminto.

Dia mengatakan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan membangun perpustakaan modern.

"Diharapkan akses literasi dapat terbentuk di seluruh kabupaten dan kota. Saat ini kita secara bertahap menyentuh desa, agar indeks literasi Lampung pun dapat naik," katanya pula.*

Baca juga: Picu minat baca, Jayawijaya-Papua tambah 3.000 buku di perpustakaan

Baca juga: DPAD Jayawijaya berupaya atasi minat membaca warga yang masih rendah

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tingkatkan minat baca, Pemprov Maluku gelar Lomba Perpustakaan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar