Mereka akan turun di 11 nomor perlombaan
Padang, (ANTARA) - Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumatera Barat menyatakan optimistis mempertahankan tradisi medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua yang akan digelar Oktober 2021.

Ketua Pengprov PASI Sumbar Sengaja Budi Syukur di Padang, Selasa mengatakan PASI Sumbar memiliki tradisi emas PON dalam pesta olahraga terbesar di Indonesia itu.

Mulai dari PON XIX tahun 2016 di Jawa Barat, atletik menyumbangkan dua medali emas untuk kontingen Sumbar yang disumbangkan oleh sprinter putra Sumbar Yaspi Bobi pada nomor 100 dan 200 meter.

Baca juga: 12 atlet PASI Sumbar diproyeksikan raih medali PON Papua

Ia mengatakan pada PON Papua 2021 ada sembilan atlet atletik Sumbar yang siap tampil membela panji-panji Sumatera Barat.

"Mereka akan turun di 11 nomor perlombaan," kata dia.

Ia mengatakan sembilan atlet yang menjadi kekuatan Sumbar adalah Fauma Depril Jumra. Fauma bakal diandalkan di nomor dasa lomba.

Setelah itu Rafika Putra turun pada dua nomor lontar martil dan lempar cakram serta atlet lainnya.

Menurut dia sebagai cabang olahraga terukur, atletik tak ragu menetapkan target.

Baca juga: KONI Aceh targetkan dua medali emas atletik PON Papua

Semuanya sudah dikantongi termasuk capaian-capain calon lawan di nomor-nomor yang akan diikuti atlet," kata dia

Ia mengatakan pengembangan ke depan, PASI Sumbar akan memiliki sentra-sentra pembinaan yang sudah kian merata di Sumatera Barat.

"Jika sebelumnya hanya menonjol beberapa daerah saja, seperti Kabupaten Limapuluh Kota, saat ini pembinaan atletik kian bersinar di sejumlah daerah, seperti Pasaman, Kota Solok dan Padang sendiri," kata dia.

Baca juga: PB PASI sebut persiapan venue atletik terganggu akibat corona

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021