Jakarta (ANTARA) - Penyedia layanan transportasi daring Gojek memperluas cakupan program vaksinasi COVID-19 kepada mitra pengemudi (driver) hingga 29 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.

Chief Transport Officer Gojek Raditya Wibowo mengatakan, perluasan tersebut menempatkan Gojek sebagai perusahaan transportasi online dengan jangkauan wilayah vaksinasi mitra driver terluas di Indonesia.

"Kami melihat bahwa aktivitas masyarakat di luar rumah semakin tinggi. Peningkatan aktivitas ini disertai dengan risiko kasus COVID-19 yang terkonfirmasi di Indonesia yang terpantau meningkat," kata Raditya melalui bincang daring bertajuk "Percepatan Pemulihan Mobilitas Masyarakat melalui Program Vaksinasi di Industri Transportasi", Selasa.

"Untuk itu, selama kurang dari empat bulan terakhir, kami terus mengoptimalkan pelaksanaan program vaksinasi agar mitra driver dan pelanggan Gojek semakin aman dan nyaman selama di perjalanan," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Rencana IPO GoTo momentum penguatan pasar modal nasional

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Dito itu mengatakan pihaknya konsisten menerapkan standar keamanan, kesehatan, dan kebersihan tertinggi bagi mitra driver dan pelanggannya. Komitmen tersebut turut tercermin lewat dukungan Gojek terhadap program vaksinasi COVID-19.

"Secara intens kami berkolaborasi aktif dengan Halodoc, pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta berbagai otoritas terkait dalam mempercepat proses vaksinasi bagi mitra kami di Indonesia," kata dia.

Gojek juga meluncurkan fitur terbaru yang memungkinkan pelanggan untuk melihat status vaksinasi mitra driver pada halaman pemesanan di aplikasi. Fitur terbaru ini telah tersedia pada aplikasi Gojek versi terbaru.

Gojek juga memberikan sejumlah pembaruan fitur yang sebelumnya sudah disematkan ke dalam aplikasi. Mulai dai Fitur Ceklis Protokol Kesehatan dan Selfie Verifikasi Masker di aplikasi mitra driver, lalu pengoperasian Zona NyAman (titik tunggu atau pemesanan GoRide dan GoCar Instan yang dilengkapi protokol kesehatan ketat) di puluhan titik di lokasi strategis.

Selanjutnya, penggunaan sekat pelindung di armada GoCar dan GoRide, pemasangan air purifier di ribuan armada GoCar di Jabodetabek, dan fitur status vaksinasi mitra driver di aplikasi Gojek versi terbaru.

"Inisiatif keamanan dan kebersihan akan terus menjadi prioritas Gojek demi semakin memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh ekosistem Gojek termasuk mitra driver dan pelanggan, serta masyarakat pada umumnya yang harus beraktivitas di luar rumah di tengah kondisi pandemi," tutup Raditya.

Baca juga: Tren vaksinasi yang gencar perlu dibarengi transparansi

Baca juga: Kemenhub: Vaksinasi prioritas utama sektor perhubungan

Baca juga: Peneliti sebut skema insentif baru dorong pendapatan mitra Gosend

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021