Buka PMB lokal, UIN Ar-Raniry buka jalur masuk terakhir

Buka PMB lokal, UIN Ar-Raniry buka jalur masuk terakhir

Rektor UIN Ar-Raniry Prof Warul Walidin. (FOTO ANTARA/HO-Humas UIN Ar-Raniry)

Pada jalur PMBĀ lokal tersebut peserta dapat memilih seluruh program studi yang ada di UIN Ar-Raniry, yakni 43 prodi, termasuk Ilmu Hadits yang baru keluar izinnya
Banda Aceh (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh membuka pendaftaran calon mahasiswa baru tahun 2021 melalui jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) lokal yang merupakan jalur terakhir penerimaan mahasiswa baru di universitas tersebut.

“Kami berharap bagi lulusan SMA/sederajat yang ingin melanjutkan studi dapat memanfaatkan jalur terakhir ini,” kata Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Warul Walidin usai rapat evaluasi bersama panitia PMB di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan PMB lokal merupakan peluang emas bagi calon mahasiswa yang belum lulus pada jalur penerimaan sebelumnya.

Pada jalur PMB lokal tersebut peserta dapat memilih seluruh program studi yang ada di UIN Ar-Raniry, yakni 43 prodi, termasuk Ilmu Hadits yang baru keluar izinnya.

Ia menyebutkan pada penerimaan jalur PMB lokal tersebut, UIN Ar-Raniry akan menerima 30 persen dari total daya tampung UIN Ar-Raniry tahun 2021 yakni sebanyak 5.000 mahasiswa.

UIN Ar-Raniry telah membuka pendaftaran calon mahasiswa baru melalui empat jalur, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang kepanitiaannya di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, selanjutnya jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (UMPTKIN).

“Keempat jalur tersebut telah dilaksanakan dan diumumkan hasil kelulusannya, selanjutnya UIN Ar-Raniry telah membuka pendaftaran calon mahasiswa baru melalui jalur PMB Lokal, ini merupakan jalur terakhir,” katanya.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Dr Gunawan Adnan menambahkan penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur PMB Lokal telah dibuka sejak 24 Mei hingga 30 Juni 2021dan untuk pendaftaran dapat dilakukan secara dari g melalui link https://pendaftaran.ar-raniry.ac.id/informasi/pmblokal

Ia mengatakan untuk proses seleksi jalur PMB Lokal mengadopsi sistem UM-PTKIN, ujian secara online dengan Sistem Secara Elektronik (SSE) dan nanti akan ada petunjuk lanjutan mekanisme ujian serta petunjuk mengikuti ujian, semuanya tercantum pada kartu ujian masing-masing.

“Ujian SSE direncakan akan dilaksanakan pada 15-16 Juli, simulasi akan dilakukan pada 12 Juli 2021, untuk aplikasi ujian dapat didownload pada link pendaftaran pada 6 Juli mendatang,” katanya.

Ia mengingatkan kepada peserta agar dapat mempersiapkan fasilitas yang mendukung untuk mengikuti ujian, antara lain laptop atau android dengan spesifikasi yang standar, jaringan internet dengan provider yang baik sesuai dengan lokasi masing-masing, dan pastikan teliti dalam melihat jadwal tes agar tidak terlewatkan.

Ditegaskan, bahwa Uang Kuliah di kampus UIN Ar-Raniry tergolong sangat murah mulai 400 ribu rupiah, sesuai kemampuan pembiaya kuliah, ini berlaku untuk semua jalur masuk, tidak terkecuali termasuk jalur PMB Lokal.

Selain memberikan keringanan uang kuliah, pihak UIN Ar-Raniry juga menyediakan berbagai beasiswa kepada mahasiswa, sesuai dengan ketentuan masing-masing, antara lain KIP-Kuliah, Bank Indonesia, Baznas, Baitul Mal, YBM PLN Pusat, BPSDM, beasiswa amal shaleh dan Bank Aceh Syariah, demikian Gunawan Adnan.

Baca juga: UIN Ar-Raniry latih dosen buat karya tulis berbasis pengabdian

Baca juga: Menteri Kehutanan berikan lahan 500 hektare untuk UIN Ar-Raniry Aceh

Baca juga: Rektor UIN Ar-Raniry usulkan bentuk Komisi Perlindungan Guru Indonesia

Baca juga: Bebas UKT hingga keringanan diberikan bagi mahasiswa UIN Ar-Raniry


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

UIN KHAS Jember perketat protokol kesehatan COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar