Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi asal China yaitu Xiaomi resmi merilis dua ponsel terbarunya Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra untuk melengkapi lini Xiaomi Mi 11 Series di Indonesia.

Mi 11 Lite digadang- gadang menjadi ponsel pintar paling tipis dan stylish di pasar ponsel pintar kuartal kedua 2021.

Sementara Mi 11 Ultra diklaim oleh Conutry Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse sebagai trendsetter sebagai “The beacon of Android para ponsel high-end atau kelas atas saat ini tidak hanya di Indonesia namun juga secara global.

Berikut rangkuman dari kedua seri terbaru Mi 11 Series:

Baca juga: Mi Smart Band 6 resmi rilis di Indonesia dibanderol Rp500 ribuan

Baca juga: Xiaomi siapkan flagship baru, lebih canggih dari Mi 11 Ultra


Mi 11 Lite

Xiaomi Mi 11 Lite merupakan ponsel yang digadang- gadang menjadi ponsel pintar paling tipis dengan ketebalan 6.81 milimeter dan paling ringan dengan berat 157 gram di pasar ponsel pintar saat ini (kuartal kedua 2021).

Ponsel pintar itu dilengkapi dengan chipset dari Snapdargon 732G yang artinya hanya bisa menangkap frekuensi jaringan 4G dan belum bisa menggunakan 5G seperti di luar negeri.

Meski disayangkan, Alvin menyebutkan alasan Xiaomi Indonesia memilih jaringan 4G untuk Mi 11 Lite karena masih terlalu awal untuk menghadirkan ponsel untuk jaringan 5G karena masih terbatasnya penyedia jaringan 5G di Indonesia.

Selain itu untuk menghadirkan ponsel 5G dengan harga yang berada di mid range, terlalu banyak fitur yang harus dikorbankan saat ini.

“Contohnya misalnya dengan chipset 4G pengguna bisa dapat spesifikasi Amoled untuk layarnya, namun karena kami memaksakan unutk menghadirkan ponsel 5G (dengan harga mid-range) pengguna jadi hanya bisa dapat layar LCD,” kata Alvin.

Baca juga: Xiaomi peragakan pengisi daya 200 W, "ngecas" Mi 11 Pro cuma 8 menit

Baca juga: Samsung tingkatkan kehadiran di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika


Tersedia tiga pilihan ukuran RAM dan penyimpanan mulai dari 6 GB+ 64 GB, 6 GB+128 GB, dan 8 GB+ 128 GB.

Baterai yang disematkan dalam ponsel tipis itu cukup besar yaitu sebesar 4.250 mAh dengan kecepatan pengisian 33 watt.

Untuk kamera disematkan kamera belakang sebanyak tiga kamera dengan kamera utama sebesar 64 megapiksel disertai kemampuan kamera ultrawide dan macro, sementara untuk kamera depan dilengkapi kamera berukuran 20 megapiksel.

Ponsel yang disebut sebagai perpaduan dari teknologi dan desain yang trendi itu ditargetkan untuk para pengguna wanita maka dari itu Mi 11 Lite dihadirkan dalam tiga pilihan warna mulai dari Boba Black, Bubblegum Blue, dan Peach Pink.

Xiaomi Indonesia untuk membuktikan perpaduan antara teknologi dan fesyen melalui Mi 11 Lite bahkan menampilkan kolaborasi dengan dua desainer busana ternama di Tanah Air yaitu Stella Rissa dan Diana Putri dari Diana Couture.

Ponsel yang dirilis global pada Maret 2021 itu pun dibanderol dengan harga di bawah Rp 4 juta untuk pasar Indonesia dengan rincian untuk Rp3.699.000 untuk varian 6GB+64 GB, Rp3.799.000 untuk varian 6GB+128GB, serta Rp3.999.000 untuk varian 8 GB+ 128 GB.

Produk itu bisa didapatkan mulai Kamis (17/6) pukul 12.00 WIB di situs mi.com, Shopee, dan Akulaku Xiaomi Indonesia.

Sementara secara luring, produk itu bisa didapatkan di Mi Store, Mi Shops, Mi Partners, dan Erafone.

Mi 11 Ultra
 
Tangkapan Layar Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse dengan koleksi Xiaomi Mi 11 Ultra dalam peluncuran Mi 11 Series, Selasa (15/6/2021). (ANTARA/Livia Kristianti)

Ponsel ini diklaim sebagai "The Beacon of Androidatau pendobrak teknologi untuk ponsel pintar kelas atas besutan Xiaomi.

Mi 11 Ultra memiliki keunggulan yang diklaim menciptakan standar baru untuk ponsel premium spesialisasi fotografi dan videografi.

Dibekali chipset Snapdragon 888 yang tentunya sudah bisa mendapatkan jaringan generasi terbaru yaitu jaringan 5G, ponsel ini dibekali dengan RAM dan ruang penyimpanan yang besar yaitu 12 GB+ 256 GB.

Kehadiran tiga kamera berukuran besar yaitu 50 megapiksel pro untuk kamera utama, 48 megapiksel untuk kamera ultra-wide,48 megapiksel untuk telephoto disertai sensor terbaru bernama GN2 diklaim mampu menyaingi hasil gambar baik foto dan video dari kamera profesional.

Baca juga: Membedah komponen Redmi Note 10 Series

Baca juga: Redmi K40 Gaming Edition resmi meluncur, pakai MediaTek Dimensity 1200


Berbeda dari ponsel kelas atas yang biasanya berbahan kaca, Mi 11 Ultra dibekali dengan bahan ceramic tersedia dalam dua varian warna yaitu Ceramic White dan Ceramic Black.

Berbekal baterai berbahan baru yaitu Silicone Oxide Anode yang biasanya digunakan untuk baterai mobil listrik. Baterai itu berukuran besar 5000 mAh dan dibekali pengisian cepat 67 watt dengan kabel maupun nirkabel yang dijanjikan memiliki ketahanan lebih lama dibanding baterai biasa.

Menariknya ponsel ini memiliki ketahanan air dengan standar IP 68 yang memungkinkan ponsel ini tahan digunakan di kedalaman air sedalam 1,5 meter dalam waktu maksimal 30 menit.

Ponsel yang terdengar sangat mewah itu dibanderol dengan harga Rp16.999.000 dan hanya bisa dibeli melalui undangan terbatas kepada pengguna setia Xiaomi yang undangannya disebar mulai Rabu (16/6).

Penjualan terbatas itu dilakukan karena adanya keterbatasan chip yang terjadi secara global di pasar teknologi.

Pada hari ini, Xiaomi juga resmi merilis Mi Smart Band 6 di Indonesia dengan membanderol jam pintar itu seharga Rp 499.000 atau sekitar Rp 500 ribuan. 

Produk ini merupakan produk terbaru dari lini produk wearable Xiaomi untuk mendukung keperluan masyarakat khususnya untuk mendukung gaya hidup yang terkoneksi. 

Baca juga: Desain Redmi Note 8 2021 terungkap dalam teaser baru

Baca juga: Xiaomi China sebut AS telah secara resmi cabut larangan sekuritas

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 10S akan diluncurkan di India

Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021