Anies: Terlalu dini memprediksi juara Piala Eropa 2020

Anies: Terlalu dini memprediksi juara Piala Eropa 2020

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat ditemui di lapangan latih Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (16/6/2021). (ANTARA/Abdu Faisal)

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 
mengaku belum memiliki favorit juara Piala Eropa yang digelar pada 2021 ini.

Anies kepada wartawan ANTARA mengaku fanatik sepak bola. Namun terlalu dini untuk memprediksi siapa juara Eropa tahun ini karena sekarang masih babak penyisihan grup.

"Terlalu awal sekarang," kata Anies sembari tertawa ketika ditemui ANTARA di lapangan latih Jakarta International Stadium (JIS) Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu.

Dengan langkah perlahan, Anies terlihat senang usai meninjau langsung perkembangan pembangunan stadion bertaraf Internasional tersebut.

Sebelumnya, Anies naik ke sampai ke lantai enam JIS untuk melihat pengangkatan rangka atap utama (main truss) yang memiliki fitur buka-tutup (retractable roof) tersebut.

"Hari ini, kita menyaksikan bersama-sama proses pengangkatan atap untuk JIS yang merupakan atap terpanjang 270 meter bentangannya dan terberat 3.900 ton yang diangkat secara bersamaan dengan ketinggian 70 meter," kata Anies.

Baca juga: Pagi ini Anies tinjau proyek JIS
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau area proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Rabu pagi (16/6/2021). ANTARA/Abdu Faisal/am.
Ini sebuah pekerjaan fantastis dan komplek sehingga bisa menunjukkan bahwa stadion ini bukan hanya kebanggaan warga Jakarta tapi bisa menjadi contoh bagi dunia internasional.

Proses pemasangan atap JIS akan berlangsung hingga Sabtu (19/6) dan pengelasan atap akan rampung pada tanggal 5 Juli mendatang.

"Atapnya yang bisa dibuka dan ditutup sehingga pemanfaatan lebih optimal karena bisa digunakan sepanjang tahun tanpa terganggu cuaca," katanya.

Stadion ini bukan hanya untuk pertandingan sepak bola tapi juga untuk berbagai aktivitas seperti penyelenggaraan konser, pertemuan raksasa dan kegiatan lainnya. Selain itu, gedung JIS akan menerapkan konsep ramah lingkungan dengan "level platinum".

JIS akan menjadi contoh membangun fasilitas yang menaati prinsip-prinsip ramah lingkungan. "Pekerjaan belum selesai, mari kita tuntaskan sesuai jadwal," katanya.

Baca juga: Anies: Jakarta International Stadium jadi tempat kebersamaan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika meninjau lapangan latih di Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (16/6/2021). (ANTARA/ Abdu Faisal)
Diharapkan.seluruh pekerjaan bisa tercapai dengan kualitas yang baik sehingga bukan saja pemanfaatannya yang optimal melainkan prosesnya juga menjadi pembelajaran.

Direncanakan, pertandingan sepak bola perdana akan dilaksanakan pada Desember 2021 di JIS.

"Semoga pembangunan JIS berlangsung tepat waktu, sesuai budget dan berkualitas. Sebuah proses yang kompleks ini bisa dijalankan dengan baik," katanya.

"Kepada warga Jakarta mari kita doakan agar kita bisa menyaksikan pertandingan perdana di stadion ini pada Desember 2021. Semua harus sehat sampai tuntas," kata Anies.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cegah COVID-19, nobar Piala Eropa dilarang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar