Indeks saham unggulan FTSE 100 naik 0,4 persen ke level tertinggi sejak Februari 2020
Jakarta (ANTARA) - Indeks FTSE 100 di bursa saham London naik tipis pada Rabu, terangkat kenaikan saham-saham raksasa keuangan dan energi, sementara data menunjukkan inflasi melonjak melewati target bank sentral Inggris (BoE) ketika negara itu keluar dari penguncian nasional ketiga.

Indeks saham unggulan FTSE 100 naik 0,4 persen ke level tertinggi sejak Februari 2020. Asuransi jiwa dan bank memberikan dorongan terbesar untuk indeks.

Saham perusahaan minyak utama, BP dan Royal Dutch Shell masing-masing naik 0,9 persen dan 0,4 persen, mengikuti harga minyak mentah.

Dikutip dari Reuters, indeks FTSE 250 saham kapitalisasi menengah yang fokus di dalam negeri naik 0,5 persen.

Inflasi Inggris secara tak terduga melonjak di atas target BoE 2 persen pada Mei ketika mencetak 2,1 persen, sebagian besar didorong oleh perbandingan dengan harga pada Mei 2020 ketika negara itu melakukan penguncian ketat pertama, terutama untuk pakaian, bahan bakar kendaraan bermotor, permainan dan makanan yang dibawa ke rumah.

Di antara saham, EverArc Holdings naik 8 persen setelah perusahaan spesialis akuisisi itu setuju untuk membeli produk pemadam kebakaran dan produsen aditif pelumas Perimeter Solutions dalam kesepakatan senilai sekitar 2 miliar dolar AS.

Baca juga: Investor masih "wait and see", IHSG diprediksi datar
Baca juga: Saham China dibuka bervariasi setelah turun sehari sebelumnya
Baca juga: Saham Inggris untung hari keempat, indeks FTSE terangkat 0,36 persen

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021