PON 2021 Papua

KASAL siapkan LPD dan LST untuk PON XX

KASAL siapkan LPD dan LST untuk PON XX

Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono dan rombongan berpose bersama jajaran perwira di lingkungan Lantamal X Jayapura dalam kunjungannya (ANTARA News Papua/Hendrina Dian Kandipi)

Jayapura (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono menyiapkan Landing Platform Dock (LPD) dan Landing Ship Tank (LST) yang bisa mendukung kesiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua.

"LPD maupun LST ini dapat mendukung untuk penginapan atlet PON XX," katanya kepada Antara di Jayapura, Rabu.

Menurut KASAL Yudo, pihaknya akan menyiapkan lima unsur LPD dan LST yang berada di Komando Armada (Koarmada) III Sorong.

Baca juga: Kasal kunjungi Papua, cek kesiapan PON XX

"Kapal-kapal ini bisa digeser dari Koarmada III yang berada di Sorong ke wilayah Jayapura," ujarnya.

Dia menjelaskan jadi dalam penyelenggaraan PON XX, TNI Angkatan Laut juga mendukung melalui venue cabang olahraga layar sehingga kunjungan kali ini sekaligus ingin melihat kesiapan Lantamal X untuk menyukseskannya.

"Tidak hanya itu, kemungkinan ke depan kapal-kapal laut perang AL akan digunakan untuk pergeseran atlet PON dan tempat menginap atlet," katanya lagi.

Baca juga: Pemprov Papua minta persiapan PON terus digenjot
Baca juga: Mengusung tas noken menjadi ikon PON XX Papua
Baca juga: Kementerian PUPR serah terimakan empat venue PON kepada Pemprov Papua


Sekadar diketahui, LPD adalah kepanjangan dari Landing Platform Dock yakni kapal besar untuk pendaratan besar-besaran pasukan dan peralatannya.

Biasanya dilengkapi juga dengan sarana penerbangan bagi banyak helikopter, sedangkan LST kepanjangan dari Landing Ship Tank merupakan salah satu sarana tempur TNI Angkatan Laut yang memiliki berbagai kemampuan di antaranya mengangkut personel.

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Dukung PON XX, Kasal siagakan Kapal Perang LST

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar