Untuk tahap pertama ini kami prioritaskan kepada karyawan rentan, petugas loket di 13 kantor cabang, serta petugas lapangan
Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Sebanyak 300 pegawai Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bhagasasi Bekasi antusias mengikuti vaksinasi COVID-19 yang dijadwalkan secara bertahap mulai hari ini di Kantor Pusat PDAM, Jalan Kalimalang BTB 25 Kampung Tegal Danas, Kecamatan Cikarang Pusat.

"Hari ini kami alokasikan untuk 150 orang dan besok 150 lagi untuk menghindari kerumunan," kata Ketua Satgas Vaksinasi COVID-19 PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi Ahmad Gunawan, Rabu.

Dia mengatakan jumlah pegawai PDAM Tirta Bhagasasi saat ini mencapai 1.000 orang sehingga pihaknya akan menjadwalkan kembali pegawai yang belum mendapatkan vaksinasi di tahap ini.

Baca juga: 11,8 juta penduduk Indonesia telah selesai jalani vaksinasi COVID-19

"Target kami, semua karyawan mendapat vaksinasi. Bisa dibilang kami agak terlambat mendapat vaksinasi. Para pelayan publik yang lain rata-rata sudah mendapat vaksinasi," katanya.

Ahmad berharap pemberian vaksinasi ini dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kabupaten Bekasi khususnya bagi pegawai PDAM yang bersinggungan langsung dengan pemberian pelayanan bagi masyarakat.

Baca juga: Distribusi, kendala vaksinasi COVID-19 di Indramayu-Jabar

"Untuk tahap pertama ini kami prioritaskan kepada karyawan rentan, petugas loket di 13 kantor cabang, serta petugas lapangan," katanya.
Pemeriksaan kesehatan pegawai PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi sebelum menerima suntik vaksin COVID-19 dosis pertama di Kantor Pusat PDAM.

Kepala Puskesmas Sukamahi Kecamatan Cikarang Pusat dr Rozana Aryani mengatakan hari pertama petugas medis melakukan pemeriksaan terhadap 200 pegawai namun yang mendapat suntikan vaksin merek Sinovac itu hanya 150 orang.

Baca juga: Ulama Madura diajak Gubernur Jatim sukseskan vaksinasi COVID-19

"Sebanyak 50 orang tidak lolos screening karena faktor hipertensi dan batuk pilek. Ini kita tunda dulu," katanya.

Rozana menjelaskan vaksinasi COVID-19 bagi pegawai PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi melibatkan 12 tenaga kesehatan dari Puskesmas Sukamahi.

Pihaknya menargetkan mampu melakukan vaksinasi kepada 100 orang per hari. Hingga 15 Juni 2021, Puskesmas Sukamahi telah menyuntikkan 5.200 dosis vaksin kepada masyarakat.

"Kami akan terus upayakan untuk mencapai target dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah," katanya.

Wakil Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bekasi Masrikoh mengatakan pemberian vaksinasi untuk pegawai PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi dilakukan setelah pihaknya mengadakan sosialisasi vaksinasi pada pekan lalu.

"Sudah kami sosialisasikan terlebih dahulu dan alhamdulillah mereka menyambut dengan antusias tinggi sehingga pelaksanaan vaksinasi bisa segera terealisasi. Kami juga berupaya mencukupi kebutuhan dosis vaksin bagi seluruh pegawai PDAM Tirta Bhagasasi agar semua pegawai bisa menerima vaksin," katanya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021