Kasus COVID melonjak, Riza: Keterisian tempat tidur RS capai 78 persen

Kasus COVID melonjak, Riza: Keterisian tempat tidur RS capai 78 persen

Sejumlah tenaga kesehatan berjalan menuju ruang perawatan pasien COVID-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) COVID-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (26/1/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj

Ïni terjadi peningkatan luar biasa, hampir 50 persen dalam seminggu terakhir
Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan rasio keterisian tempat tidur atau "bed occupany ratio" (BOR) di rumah sakit DKI Jakarta mencapai 78 persen atau sebanyak 6.117 unit yang terpakai.

Sementara itu, keterisian ruang ICU juga telah mencapai 73 persen atau 824 unit terpakai dari 1.127 unit.

Baca juga: Wagub DKI ingatkan warga terkait keterisian RS capai 65 persen

"Ïni terjadi peningkatan luar biasa, hampir 50 persen dalam seminggu terakhir. Untuk itu, kami minta seluruh masyarakat waspada dan berhati-hati," kata Riza di Gedung Balai Kota Jakarta, Rabu.

Riza menjelaskan kasus COVID-19 yang meningkat secara signifikan dalam sepekan terakhir menjadi pemicu keterisian tempat tidur juga hampir penuh.

Baca juga: 3.110 pasien COVID dirawat di RS Wisma Atlet kemayoran

Sesuai dengan imbauan Presiden Joko Widodo dan pertemuan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI, Riza menekankan agar warga selalu menggunakan masker secara baik dan benar.

Hal itu karena penggunaan masker dapat melindungi masyarakat dari paparan COVID-19 hingga 98 persen.

Baca juga: Riza Patria nyatakan segera tambah rumah sakit rujukan COVID-19

Kemudian, Presiden juga meminta kepada Pemprov DKI Jakarta untuk mempercepat program vaksinasi dengan target 7,5 juta vaksin diberikan pada masyarakat pada akhir Agustus mendatang.

"Kita berupaya sehari agar mencapai 100 ribu orang yang divaksin. Upaya kita tidak mudah, tapi dengan segala fasilitas, jajaran, kemampuan, Insya Allah bisa mencapai target tersebut," kata Riza.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumut tambah 1.500 tempat tidur antisipasi lonjakan pasien

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar