London (ANTARA News) - Indonesia mendapat medali emas dan perak pada kompetisi lukisan International Children Fine and Applied Art yang diadakan Zanka Children and Youth Center Art Gallery di Zanka, Hungaria.

Sebanyak 64 lukisan hasil karya para pelukis cilik dan remaja berusia antara tiga sampai 18 tahun ikut dilombakan, ujar Sekretaris Dua KBRI Hungaria Annie P.R Yunus dalam keterangan persnya yang diterima Antara London, Selasa.

Dikatakannya panitia penyelenggara menerima sebanyak 7000 lukisan dari 29 negara asing dan sejak April tahun lalu dilakukan penjurian terhadap lukisan-lukisan yang masuk.

Dari hasil penjurian tersebut juri menetapkan sebanyak 500 lukisan yang mendapatkan juara termasuk didalam lukisan hasil karya putra dan putri Indonesia. Pada kesempatan tersebut Indonesia telah mendapatkan dua medali emas dan enam medali perunggu.

Sebagai penghargaan atas keberhasilan para pelukis tersebut, diadakan acara penyerahan "Rainbow Award 2010" kepada para pemenang lomba tersebut.

Menurut Annie P.R Yunus , hubungan Indonesia dengan Hungaria semakin erat terutama di bidang seni dan budaya.

Dikatakannya setelah beberapa kali diadakan pentas tari, musik tradisional Indonesia dan pameran foto-foto oleh para warga Hungaria pecinta Indonesia, kali ini giliran para pelukis cilik yang unjuk kebolehan.

Lifetime Award

Pada kesempatan tersebut, mantan Duta Besar untuk Hungaria, Bapak Mangasi Sihombing mendapatkan penghargaan "Lifetime Award of Friends of Zanka".

Penghargaan tersebut diberikan hanya kepada mereka yang telah memberikan perhatian dan dukungan yang besar terhadap kota dan warga Zanka.

Selama bertugas di Hungaria Dubes Mangasi Sihombing memberikan perhatian dan dukungan yang besar kepada warga Zanka hal tersebut ketika kota Zanka dilanda banjir pada bulan Juni.

Mangasi Sihominbing memberikan sumbangan berupa dana dan kue-kue tradisional kepada para korban banjir serta dorongan moril agar mereka tabah menghadapi cobaan tersebut, demikian Annie P.R Yunus.

(H-ZG/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010