Piala Eropa 2020

Miranchuk jaga asa babak gugur Rusia seusai tundukkan Finlandia

Miranchuk jaga asa babak gugur Rusia seusai tundukkan Finlandia

Gelandang serang tim nasional Rusia Aleksey Miranchuk merayakan golnya ke gawang Finlandia dalam lanjutan Grup B Euro 2020 di Stadion Krestovksy, Saint Petersburg, Rusia, Rabu (16/6/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/Kirill Kudryatsev)

Jakarta (ANTARA) - Aleksey Miranchuk menjaga asa tim nasional Rusia mencapai babak gugur Euro 2020 seusai gol tunggalnya memastikan mereka menundukkan Finlandia 1-0 dalam laga lanjutan Grup B di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia, Rabu.

Gelandang serang Atalanta itu memecahkan kebuntuan lewat golnya pada injury time babak pertama demi membawa Rusia memimpin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Kemenangan itu membuat Rusia naik ke peringkat kedua sementara klasemen Grup B dan menggusur Finlandia berbekal keunggulan head-to-head kendati kedua tim sama-sama memiliki tiga poin.

Finlandia sebetulnya sempat menciptakan kejutan saat laga baru berjalan tiga menit dan Joel Pohjanpalo sukses menjebol gawang tuan rumah.

Namun, selebrasi emosional para pemain Finlandia reda digantikan sorak sorai publik tuan rumah lantaran VAR dan wasit Danny Makkelie menganulir gol itu karena offside yang teramat tipis.

Tak mau kembali dipermalukan di hadapan pendukungnya sendiri, Rusia balas mengancam melalui Artem Dzyuba, sayang penyerang raksasa itu mendapati tembakannya membentur tiang gawang. Jika masuk gawang sekalipun, besar kemungkinan gol akan dianulir karena offside.

Baca juga: Preview Euro 2020: Finlandia vs Rusia

Finlandia kembali melancarkan ancaman pada menit ke-21 sayang Pohjanpalo kurang waspada mengira ia bersiap menjalani situasi satu lawan satu dengan kiper Matvey Safonov di dalam kotak penalti Rusia, sebelum Igor Diveev melakukan jegalan akurat menyapu bola.

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit kedua injury time babak pertama ketika Miranchuk dengan percaya diri menusuk ke dalam kotak penalti seusai menerima umpan dari Dzyuba, sebelum melepaskan tembakan melengkung yang cukup untuk menaklukkan kiper Lukas Hradecky dan membuka keunggulan Rusia.

Finlandia berusaha mengawali babak kedua dengan agresif, tapi Diveev sekali lagi melakukan jegalan apik untuk merebut bola dari hadapan Teemu Pukki yang bersiap melepaskan tembakan ke gawang Rusia.

Pada menit ke-54, Pukki kembali memperoleh peluang setelah menghindari hadangan dua bek Rusia, sayang tembakan penyelesaiannya masih mengarah tepat ke pelukan Safonov.

Upaya-upaya Finlandia tak kunjung membuahkan hasil dan pada menit ke-72, mereka malah nyaris kebobolan lagi, jika saja Hradecky tidak melakukan penyelamatan gemilang atas tembakan berbahaya Daler Kuzyaev.

Semenit jelang bubaran waktu normal Finlandia memperoleh peluang untuk menyamakan kedudukan sayang sundulan Paulus Arajuuri masih melambung di atas sasaran.

Finlandia selanjutnya akan menghadapi tim unggulan Grup B, Belgia, di Saint Petersburg pada Senin (21/6), ketika di laga lain Rusia akan bertandang ke Kopenhagen menantang Denmark.

Baca juga: Sterling kerap lakukan meditasi agar "tetap terhubung" dengan tubuhnya
Baca juga: Marko Arnautovic disanksi satu pertandingan karena selebrasi menghina
Baca juga: Preview Euro 2020: Italia vs Swiss
Baca juga: Denmark minta UEFA ubah prosedur pertandingan setelah Eriksen pingsan

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cegah COVID-19, nobar Piala Eropa dilarang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar