Kami harus mencapai level tertinggi sebagai tim maupun individu
Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Denmark memilih tidak berlatih di Stadion Parken, Kopenhagen, jelang lanjutan Grup B Euro 2020 melawan Belgia, tetapi beberapa pemainnya akan mengunjungi stadion.

Kunjungan tersebut diharapkan bisa mengobati sedikit trauma atas insiden kolapsnya rekan mereka, Christian Eriksen, dalam laga pembuka Grup B kontra Finlandia pada Sabtu (12/6) pekan lalu.

Biasanya, sehari jelang pertandingan tim-tim akan diizinkan berlatih di stadion yang akan digunakan untuk laga, tetapi Denmark memilih untuk tetap berlatih di markas mereka di kota pesisir Helsingor, sekira 45 kilometer dari Parken.

"Kami tidak berlatih di Parken, tapi menyediakan bus sana bagi semua yang menganggap pergi ke sana," kata pelatih Denmark Kasper Hjulmand dilansir Reuters, Rabu.

Baca juga: Denmark minta UEFA ubah prosedur pertandingan setelah Eriksen pingsan
Baca juga: Pengguna aplikasi darurat serangan jantung naik susul insiden Eriksen


Denmark sudah mengadakan sesi dengan psikologis dan konseling untuk membantu para pemain yang jadi saksi mata insiden Eriksen yang harus menerima tindakan resutasi jantung paru (CPR) di atas lapangan sebelum dilarikan ke rumah sakit.

Hjulmand juga memperkirakan Eriksen yang saat ini tengah menjalani perawatan di rumah sakit di dekat stadion akan menyaksikan rekan-rekannya berjuang melawan Belgia.

"Rumah sakit tepat di samping Parken dan mungkin dia akan bisa mendengar suasana pertandingan melawan Belgia, itu situasi yang aneh pasti bagi Christian. Saya pikir dia akan mengenakan jersey Denmark dan menonton pertandingan," katanya.

Laga kontra Belgia boleh jadi merupakan pertandingan terbesar Denmark, bukan saja karena mereka melawan tim unggulan, tetapi juga mungkin kesempatan terakhir menjaga asa ke babak gugur.

"Jelas kami tidak diunggulkan. Kami melawan tim kelas dunia... mereka salah satu tim yang pemainnya akan mengingatkan sebagian besar klub dalam hal fleksibilitas dan ketenangannya," kata Hjulmand.

"Kami harus mencapai level tertinggi sebagai tim maupun individu. Saya yakin kami akan tampil dengan kuat," tutupnya.

Denmark saat ini berada di posisi juru kunci Grup B dengan nol poin di bawah Belgia, Rusia dan Finlandia yang masing-masing sudah punya tiga poin.

Baca juga: Miranchuk bilang golnya tidak lebih penting dari tiga poin bagi Rusia
Baca juga: Matthijs de Ligt siap kenakan jersey Belanda lawan Austria
Baca juga: Shevchenko pastikan Ukraina paham pentingnya laga kontra Makedonia

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021