Kemarin, Sutiyoso gabung NasDem sampai jelang pergantian panglima TNI

Kemarin, Sutiyoso gabung NasDem sampai jelang pergantian panglima TNI

Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso. ANTARA/Ricky Prayoga/aa

Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Rabu (16/6), mulai dari bergabungnya mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso ke Partai Nasional Demokrat (NasDem) sampai munculnya prediksi dan harapan dari berbagai kelompok masyarakat jelang pergantian panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA:

1. Sutiyoso resmi bergabung dengan Partai NasDem

Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso resmi bergabung dengan Partai NasDem, yang sebelumnya melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Sutiyoso dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu, mengungkapkan alasannya bergabung dengan NasDem, diantaranya karena ingin tetap mengabdi dalam membangun negeri, sekaligus membesarkan Partai NasDem.

Selengkapnya baca di sini.

2. Anggota DPR sebut calon panglima TNI mampu atasi persoalan bangsa

Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono menyatakan calon panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto harus mampu mengatasi berbagai persoalan bangsa saat ini.

"Dibutuhkan seorang pemimpin yang bisa beradaptasi untuk mengatasi segala persoalan," kata Dave, saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

3. Akademisi: Panglima TNI dari matra laut perkuat poros maritim dunia

Direktur Paramadina Graduate School of Diplomacy Shiskha Prabawaningtyas berpendapat calon panglima TNI dari matra laut akan mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo dalam memperkuat poros maritim dunia.

"Saya kira pengangkatan matra laut sebagai panglima TNI, akan memperkuat pesan atas komitmen dan konsistensi pemerintah dalam upaya profesionalisme TNI," kata Shiskha menanggapi rencana pergantian panglima TNI di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

4. Bawaslu-KPU bahas penyederhanaan surat suara untuk 2024

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Fritz Edward Siregar mengatakan Bawaslu bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera membahas penyederhanaan surat suara untuk Pemilu dan Pilkada 2024.

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, mengatakan Bawaslu dan KPU perlu mengkajinya atas dasar efektivitas dalam tahapan pemungutan suara.

Selengkapnya baca di sini.

5. Bamsoet: Pembangunan IKN masuk dalam PPHN

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan institusinya yang sedang menyelesaikan pembahasan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN), akan memasukkan rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di dalamnya.

"Itu agar siapapun presidennya, pembangunan IKN tetap dilaksanakan, tidak mangkrak akibat pergantian kekuasaan," kata Bambang Soesatyo atau Bamsoet dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Bang Yos angkat bicara tentang dulu, kini dan nantinya Ibukota

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar