Menkominfo dorong artisan dan UMKM NTT "onboarding" digital

Menkominfo dorong artisan dan UMKM NTT "onboarding" digital

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (kiri) di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis (17/6/2021). ANTARA/Sugiharto Purnama

Kami akan dorong UMKM ultramikro dan artisan Flobamora untuk onboarding digital
Labuan Bajo (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G  Plate mendorong artisan dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk melakukan penjualan digital agar produk-produk lokal bisa menjangkau pasar yang tidak terbatas.

"Kami akan dorong UMKM ultramikro dan artisan Flobamora untuk onboarding digital," kata Menkominfo Johnny G Plate di Labuan Bajo, Kamis.

Flobamora merupakan singkatan dari Flores, Sumba, Timor, dan Alor, nama pulau-pulau besar di NTT.

Kali ini Kementerian Komunikasi dan Informatika bertindak sebagai movement manager dalam acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) bertema Kilau Digital Permata Flobamora 2021 yang digelar di Puncak Waringin, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pada Jumat (18/6) pukul 07.00 - 12.30 WITA.

Acara itu bertujuan untuk mempromosikan produk-produk UMKM khas NTT.

Baca juga: Menkominfo: Infrastruktur fondasi percepatan transformasi digital

Puncak acara Kilau Digital Permata Flobamora digelar sebagai bagian dari tema besar nasional Bangga Buatan Indonesia dengan fokus untuk memajukan dan mempromosikan produk-produk UMKM NTT melalui media digital.

Acara Kilau Digital Permata Flobamora digelar dengan konsep gabungan tatap muka dan virtual atau secara hibrid.

Secara virtual acara akan disiarkan melalui aplikasi Zoom, Youtube Kemkominfo TV, platform e-commerce, dan live stasiun TV. Peserta terdiri atas pejabat pemerintahan, pelaku industri (perbankan, eksportir/importir, dan e-commerce), asosiasi, serta sekitar 100 pelaku UMKM.

Lebih lanjut Johnny menambahkan pihaknya mengajak pemerintah daerah (pemda) setempat dan masyarakat agar mengambil bagian dari transformasi digital tersebut.

Pada 2024 pemerintah pusat menargetkan ada 50 persen UMKM skala nasional, termasuk dari NTT, bisa onboarding digital.

"Target kami adalah hasil karya artisan, kehebatan-kehebatan local wisdom itu harus bisa ditampilkan di dalam ruang digital melalui marketplace untuk menjangkau pasar yang tidak terbatas, tidak saja pasar domestik tapi juga cross boarder atau lintas negara," kata Menkominfo Johnny G Plate.

Baca juga: Digitalisasi dan inovasi, kunci UMKM lokal bertahan saat pandemi

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

NTT jadi fokus sasaran pengembangan digital

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar