Jakarta (ANTARA) - Nissan akan memperkenalkan mobil sport seri Z terbarunya pada Agustus mendatang meskipun bentuk dan model pastinya masih dirahasiakan.

"It all begins with Z 08.17.21 (yang merujuk pada 17 Agustus 2021)," demikian pesan yang dipublikasikan Nissan Amerika Serikat, dikutip Kamis.

Apabila kembali ke belakang, pada 16 September 2020 Nissan telah memperkenalkan prototipe mobil sport legendaris Z Proto di Nissan Pavilion di Yokohama, Jepang.

Baca juga: Nissan investasi 1,82 miliar dolar AS kembangkan baterai untuk EV

Mobil prototipe itu menampilkan desain baru di dalam dan luar, serta powertrain yang ditingkatkan dengan transmisi manual.

Di Franklin, tepat di sebelah selatan Nashville, ratusan pemilik dan penggemar Z menyaksikan debut Yokohama Z Proto di layar lebar dari kendaraan mereka dalam acara jarak sosial--bagian dari jadwal kegiatan selama seminggu selama Konvensi Z Internasional (ZCON) tahunan ke-33.

Jadi, kemungkinan model Z yang akan dirilis Nissan pada Agustus mendatang adalah seri produksi dari Z Proto.

"Z mewakili kegembiraan berkendara dalam bentuknya yang paling murni dan telah membantu membentuk DNA Nissan sebagai penantang yang penuh semangat dan inovatif," kata CEO Nissan Makoto Uchida.
Nissan Z Proto. (ANTARA/Nissan)


Z Proto adalah salah satu dari 10 kendaraan baru yang ditunjukkan Nissan untuk AS dalam 20 bulan, bersama dengan peraih penjualan teratas seperti Sentra dan Rogue, dan model baru yang inovatif seperti crossover Ariya all-electric.

"Amerika Serikat adalah rumah bagi salah satu komunitas Z yang paling setia dan antusias di dunia, dengan hampir 1,35 juta total penjualan selama 50 tahun sejarah model ini," kata Mike Colleran, wakil presiden senior, Pemasaran dan Penjualan Nissan AS.

Eksterior Z Proto menggambarkan pertemuan masa lalu dan masa depan dengan cat pearlescent kuning cerah--penghargaan untuk skema cat populer pada generasi pertama 240Z dan 300ZX. Z Proto menawarkan desain eksterior yang segar dan menarik dengan siluet yang menunjukkan penghormatan pada model aslinya.

Lampu depan LED memiliki dua setengah lingkaran yang mengingatkan kembali ke pasar Jepang akan 240ZG tahun 70-an.

Baca juga: Penjualan Nissan Ariya tertunda karena COVID-19 dan kekurangan chip

Baca juga: Nissan Qashqai baru berbahan aluminium, model lain menyusul

Baca juga: Pekerja Renault-Nissan India pilih libur hindari corona
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021