MRT pamerkan koleksi lukisan Basoeki Abdoellah di Stasiun Fatmawati

MRT pamerkan koleksi lukisan Basoeki Abdoellah di Stasiun Fatmawati

Pembukaan pameran reproduksi koleksi tujuh lukisan karya Basoeki Abdoellah di Stasiun MRT Fatmawati, Jakarta, Kamis (17/6/2021). ANTARA/HO-MRT Jakarta

juga menampilkan informasi sejarah, karya, dan ketokohan Basoeki Abdoellah
Jakarta (ANTARA) - PT MRT Jakarta (Perseroda) bekerja sama dengan Museum Basoeki Abdoellah menggelar pameran reproduksi koleksi tujuh lukisan karya Basoeki Abdoellah di Stasiun Fatmawati, Jakarta Selatan.

Pameran ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan hari ulang tahun ke-13 PT MRT Jakarta (Perseroda) dan sebagai bentuk apresiasi terhadap maestro lukis Indonesia, Basoeki Abdoellah.

Baca juga: MRT targetkan angkut 500 ribu penumpang usai proyek fase 2 rampung

Selain pameran reproduksi lukisan, acara yang bertajuk "Musbadul at the Station" ini juga menampilkan informasi sejarah, karya, dan ketokohan Basoeki Abdoellah. Kegiatan ini berlangsung pada 17 Juni sampai dengan 1 Juli 2021 di Stasiun Fatmawati.

"Kegiatan ini bagus sekali karena tidak sekadar pameran lukisan semata, melainkan ada kegiatan lain seperti kelas menggambar, "photo booth", hingga lomba menggambar sehingga menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk datang," kata Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Effendi dalam acara pembukaan di Stasiun MRT Fatmawati Jakarta, Kamis.

Baca juga: Konsisten terapkan prokes, MRT dapatkan label "safeguard" dari SIBV

Effendi menjelaskan MRT Jakarta terus mendukung setiap kegiatan yang mengedepankan perubahan budaya dan gaya hidup baru di Jakarta.

Hal itu mulai dari menumbuhkan budaya antre, buang sampah pada tempatnya, dan kini rasa cinta terhadap museum dan karya seni. Selain itu, pameran ini juga akan meningkatkan angka keterangkutan (ridership) harian MRT.

Dalam acara pembukaan ini, turut hadir Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Restu Gunawan, Kepala Museum Basoeki Abdoellah Maeva Salmah, putri kedua pelukis Basoeki Abdoellah Sidhawati Abdoellah, dan Ketua Asosiasi Museum DKI Jakarta Paramita Jaya Yiyok Herlambang.

Agenda kegiatan

Selama pameran berlangsung, masyarakat dapat mengikuti berbagai kegiatan, yaitu:
1. Kelas menggambar pada 17 Juni—1 Juli 2021 setiap pukul 14.00—20.00 WIB,
2. Lomba menggambar tingkat SD pada Sabtu, 26 Juni 2021 pukul 09.00—12.00 WIB,
3. Ruang foto pada setiap akhir pekan (19—20 dan 26—27 Juni 2021) setiap pukul 09.00—13.00 pada sabtu dan 13.00—17.00 pada minggu.

Seluruh kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Masyarakat yang ingin menikmati kegiatan dapat datang ke area pintu masuk C Taman Cilandak, Stasiun Fatmawati.

Baca juga: Mengintip pembangunan MRT Fase 2A di Thamrin dan Monas

Museum Basoeki Abdullah terletak di Jalan Keuangan Raya No. 19, Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Masyarakat yang juga ingin mengunjungi Museum Basoeki Abdullah di Jalan Keuangan Raya No. 19, Cilandak Barat, dapat menggunakan MRT Jakarta dan turun di Stasiun Fatmawati yang dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh sekitar 900 meter ke arah Blok M.

Selain itu, MRT Jakarta juga mengadakan beberapa kegiatan lainnya dalam rangka memperingati hari ulang tahun korporasi yang ke-13, di antarannya:

1. Pameran foto bertajuk "Kilas Balik Perjalanan 13 Tahun PT MRT Jakarta" di Stasiun Bundaran HI pada 17 – 30 Juni 2021.Masyarakat yang ingin melihat foto-foto tersebut dapat langsung ke lokasi pameran yang berada di Stasiun Bundaran HI dengan sejumlah penerapan protokol kesehatan. Pameran foto diadakan selama periode 17 – 30 Juni 2021.
2. "MRT Connect Day" sebuah pertunjukan musik dari Terowongan Kendal bersama Adera yang akan tayang melalui siaran langsung Instagram MRT Jakarta pada Kamis, 17 Juni 2021 pukul 16.00 WIB.
3. Berkolaborasi Dalam Karya, yaitu pelibatan masyarakat untuk mengirimkan karya seni digital dengan tema "Bangkit dan Berkelanjutan" yang akan ditayangkan di LED LCD Stasiun MRT Jakarta. Batas pengumpulan karya pada 23 Juni 2021.
4. Talk Show Session bertajuk "Inspirasi Untuk Bertranformasi" yang akan diisi oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar bersama Wulan Guritno, Janna Soekasah selaku penggagas gerakan sosial Gelang Harapan.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

JakLingko optimistis integrasi tarif tingkatkan penumpang 340%

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar