Piala Eropa 2020

Yarmolenko inspirasi Ukraina menang 2-1 atas Makedonia Utara

Yarmolenko inspirasi Ukraina menang 2-1 atas Makedonia Utara

Andriy Yarmolenko saat menciptakan gol pertama Ukraina melawan Makedonia Utara dalam laga Grup C di National Arena, Bucharest, Ukraina, 17 Juni 2021. (AFP/MARKO DJURICA)

Jakarta (ANTARA) - Andriy Yarmolenko mempersembahkan satu gol dan satu assist ketika Ukraina menyingkirkan Makedonia Utara 2-1 pada Kamis malam, untuk menaikkan asa mereka mencapai babak sistem gugur Piala Eropa dan sebaliknya mengubur impian sang lawan.

Yarmolenko membawa Ukraina unggul dari sepak pojok pada menit ke-29 setelah meneruskan bola yang menaklukkan kiper Stole Dimitrievski dengan finis yang memanfaatkan bola dari Oleksandr Karavaev.

Kapten Ukraina itu membantu menggandakan keunggulan lima menit kemudian dengan menerima bola melebar dari kanan dan mendapati Roman Yaremchuk yang menyerbu masuk kotak penalti dan melepaskan tendangan menyusur yang melewati Dimitrievski di tiang dekat.

Baca juga: Preview Euro 2020: Ukraina vs Makedonia Utara
Baca juga: Shevchenko pastikan Ukraina paham pentingnya laga kontra Makedonia

Ezgjan Alioski membuat Makedonia Utara memperkecil kedudukan pada menit ke-57 dari tendangan penalti setelah Karavaev melanggar Goran Pandev. Georgiy Bushchan pertamanya berhasil menangkis tendangan penalti ini namun bola memuntah balik ke arah Alioski yang memasukkan bola pada kesempatan keduanya.

Ukraina dihadiahi tendangan penalti pada menit-menit terakhir setelah Daniel Avramovski dinyatakan menyentuh bola dengan tangan menyusul intervensi VAR namun Dimitrievski berhasil menggagalkan eksekusi penalti Ruslan Malinovskyi.

Kekalahan ini membuat Makedonia Utara yang sudah kalah 1-3 melawan Austria dalam laga pertama Grup C akan bergantung kepada apakah Austria bisa mengalahkan Belanda Jumat dini hari nanti jika mereka ingin mempertahankan kehadirannya pada turnamen besar pertamanya ini.

Baca juga: Preview Euro 2020: Belanda vs Austria
Baca juga: Matthijs de Ligt siap kenakan jersey Belanda lawan Austria
Baca juga: Depay ingin bermain di bawah Ronald Koeman, tetapi tunggu Euro selesai

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar