Azis Samual: Survei Capres 2024 LSI tambah optimisme Golkar

Azis Samual: Survei Capres 2024 LSI tambah optimisme Golkar

Politisi senior Partai Golkar Azis Samual (ANTARA/HO-Dokumen Pribadi)

Jakarta (ANTARA) - Politisi senior Partai Golkar Azis Samual mengatakan hasil survei LSI Denny JA soal elektabilitas calon presiden (capres) 2024 menambah rasa optimisme karena naiknya elektabilitas Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

“Menurut saya itu (hasil survei) menambah optimisme, elektabilitas Airlangga Hartanto naik signifikan," kata Azis Samual dalam keterangannya diterima di Jakarta, Jumat.

Menurut Azis ada perkembangan yang menarik dari survei tersebut, yaitu kenaikan elektabilitas Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto (AH) yang signifikan.

Survei pada Mei 2021 yang dilakukan oleh Indikator Politik, nama Airlangga Hartarto masih di urutan 9 dengan elektabilitas 1 persen.

Baca juga: Survei IndEX: Prabowo Subianto masih kokoh di bursa capres
Baca juga: Survei Parameter Politik Indonesia: Prabowo capres terkuat
Baca juga: Survei Parameter Politik Indonesia: Elektabilitas PDIP paling tinggi


DI Survei LSI, menurutnya sudah berada di urutan ke 5 dengan elektabilitas 5,3 persen naik lima kali lipat lebih. Oleh karena itu Azis semakin yakin dan bertambah optimis dengan perkembangan itu.

“Kami dari Partai Golkar masih punya waktu sekurang-kurangnya 2 tahun ke depan untuk membantu meningkatkan elektabilitas Airlangga," kata dia

Kenaikan elektabilitas ini menurut Azis, disebabkan diantaranya karena AH sebagai Menko Perekonomian dinilai masyarakat berhasil menyelaraskan kinerja 8 kementerian strategis di bawahnya, terutama dalam mengatasi dampak krisis ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Itu, lanjut dia bukan tugas yang mudah, melainkan tugas yang sangat berat, tapi Airlangga mampu menjalankannya dengan baik.

Lebih lanjut Azis menjelaskan kepemimpinan Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar efektif menggerakkan partai, baik dalam koridor struktural maupun jalur fungsional.

Dinamika internal juga dapat dikelola dengan bijak sehingga tetap tercipta suasana yang harmonis, kompak dan soliditas partai yang terjaga.

"AH itu tegas dan disiplin menjaga haluan partai agar tetap pada treknya dan tentu sudah sejalan dengan harapan konstituen/masyarakat luas. Inilah sebenarnya yang saya sebut sebagai esensi dari kepemimpinan," kata dia.

Azis juga berpendapat tren partai sedang mengalami kenaikan di masyarakat, setidaknya melalui berbagai survei eksternal maupun kajian internal. Hal itu sebagai modal dasar penting.

Kemudian kata dia seiring perjalanan waktu dengan kinerjanya yang mumpuni, AH semakin dikenal dan mendapat tempat di hati masyarakat.

"Ia mungkin jarang bicara tetapi dia selalu berusaha melakukan yang terbaik," kata Azis.

Airlangga menurut dia tidak perlu banyak bicara yang tidak penting dalam menjalankan tugasnya sebagai Menko Perekonomian, tapi hasilnya terbukti dari kerja dan kinerja Airlangga.

"Ekonomi kita tidak ambruk, inflasi terjaga pada tingkat yang wajar, pertumbuhan memang melambat tetapi ada potensi untuk tumbuh di tahun depan, apalagi bila pandemi COVID-19 berhasil diredam," ucap Azis.

Lebih lanjut, pihaknya menurut Azis masih ada waktu untuk mengedepankan kinerja mereka sehingga akan mendapatkan penilaian yang lebih baik lagi dari masyarakat.

"Kita masih ada waktu untuk mengedepankan kinerja, ini lebih penting, karena rakyat membutuhkan kinerja yang baik dan mereka pula yang akan menilai. Insyaallah, bila ada survei lagi nanti, elektabilitas AH akan meningkat," kata dia.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Indonesia terima 21,2 juta dosis bahan baku vaksin Sinovac

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar