Washington (ANTARA) - Departemen Kehakiman AS pada Kamis (17/6) membuat pernyataan paling tegas menentang gelombang undang-undang negara bagian yang didukung Partai Republik yang membatasi hak-hak transgender, dengan mengatakan tindakan yang diberlakukan di Virginia Barat dan Arkansas harus digugurkan di pengadilan.

Pengacara Departemen Kehakiman mendesak seorang hakim Virginia Barat untuk membatalkan undang-undang negara bagian yang melarang atlet transgender berkompetisi dalam olahraga wanita di sekolah menengah dan atas dan perguruan tinggi, dalam risalah hukum yang dikenal sebagai "pernyataan minat."

Departemen tersebut mengajukan risalah serupa di pengadilan federal di Arkansas, dengan mengatakan bahwa tidak konstitusional bagi negara bagian itu untuk melarang profesional perawatan kesehatan memberikan perawatan  kepada kelompok transgender.

Dalam kedua kasus tersebut, pemerintah federal memberikan bobotnya di belakang tantangan pengadilan yang diajukan oleh American Civil Liberties Union dan kelompok lain yang mengadvokasi hak-hak transgender.

Laporan Departemen Kehakiman berpendapat bahwa kedua undang-undang tersebut masing-masing melanggar hak untuk "perlindungan yang sama" di bawah undang-undang yang diabadikan dalam Amandemen ke-14 Konstitusi AS.

Kantor Jaksa Agung Arkansas Leslie Rutledge dan Jaksa Agung Virginia Barat Patrick Morrisey, yang membela hukum di pengadilan, tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Hakim tidak terikat oleh interpretasi Departemen Kehakiman atas undang-undang tersebut, tetapi pernyataan tersebut kemungkinan akan mempengaruhi pemikiran mereka, kata Shiwali Patel, seorang pengacara di National Women's Law Center yang telah memantau kasus-kasus tersebut.

"Ini adalah sinyal penting bagi anggota parlemen yang sedang mempertimbangkan untuk memberlakukan RUU anti trans ini menjadi undang-undang," kata Patel.

RUU West Virginia ditandatangani menjadi undang-undang oleh Gubernur Republik Jim Justice pada April. Undang-undang serupa yang melarang atlet transgender berkompetisi dalam olahraga wanita telah diberlakukan di negara bagian termasuk Florida dan South Dakota. Para pendukung mengatakan langkah-langkah itu akan melindungi integritas atletik perempuan.

Pengacara untuk pemerintahan Presiden Demokrat Joe Biden mengatakan pejabat Republik di West Virginia "diundang berdasarkan kesalahpahaman dan asumsi yang berlebihan" tentang pemuda transgender.

"Kebijakan itu tidak mendukung tujuan negara bagian untuk melindungi kesempatan atletik bagi anak perempuan," demikian pernyataan Departemen Kehakiman.

Undang-undang Arkansas mengancam profesional kesehatan yang memberikan penghambat pubertas, hormon lintas jenis kelamin, atau operasi yang menegaskan gender kepada anak di bawah umur dengan kehilangan lisensi medis mereka dan membuka mereka untuk tuntutan hukum dari pasien yang kemudian menyesali prosedur mereka.

Anggota parlemen Republik mengatakan beberapa anak di bawah umur menghadapi tekanan yang tidak semestinya untuk mempertimbangkan kembali jenis kelamin mereka dan bahwa undang-undang akan melindungi mereka dari menjalani prosedur yang mungkin mereka sesali nanti.

Gubernur Republik Arkansas Asa Hutchinson memveto RUU itu pada bulan April, menyebutnya sebagai "pelampauan pemerintah yang luas", tetapi legislatif negara bagian mengesampingkan vetonya.

Pendukung transgender telah menyerang tindakan tersebut, yang juga sedang dipertimbangkan di sejumlah negara bagian lain, dengan mengatakan bahwa memotong perawatan yang sangat dibutuhkan untuk remaja pasti akan menyebabkan lebih banyak bunuh diri.

Sumber: Reuters
Baca juga: Pasukan transgender diizinkan bergabung dalam militer AS
Baca juga: Pentagon tunda rencana terima militer transgender
Baca juga: Kajian: jumlah transgender dewasa meningkat di AS

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021