Cikarang, Bekasi (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) melakukan pekerjaan rekonstruksi rigid pavement di Kilometer (KM) 31+694 dan KM 37+902 Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Cikarang, Kabupaten Bekasi guna memberikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

"Pekerjaan ini sekaligus upaya kami memenuhi standar pelayanan minimal. Ada dua lokasi pekerjaan rekonstruksi yang dijadwalkan dimulai pada akhir pekan nanti," kata General Manager Representative Office 1 JTTRD Muhammad Taufik Akbar di Cikarang, Jumat.

Muhammad menjelaskan pekerjaan pertama di KM 31+694 sampai KM 31+925 pada lajur 1 Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek dengan total panjang penanganan 117 meter.

"Pekerjaan pertama ini direncanakan dimulai pada Minggu (20/6) pukul 20.00 WIB sampai Jumat (25/6) pukul 24.00 WIB," katanya.

Pekerjaan kedua di KM 37+902 hingga KM 37+802 lajur 1 Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta dengan panjang penanganan 100 meter yang dimulai pada Senin (21/6) pukul 09.00 WIB sampai dengan Sabtu (26/6) pukul 24.00 WIB.

"Tidak ada penutupan di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, baik arah Cikampek maupun arah Jakarta masih beroperasi dan dapat dilalui secara normal, meskipun terdapat pekerjaan rekonstruksi di kedua lokasi tersebut," ungkapnya.

Jasa Marga telah menyiapkan mitigasi risiko di antaranya pengalihan arus lalu lintas yang terdampak sebelum area kerja, mempersempit area kerja pada lajur 1, persiapan skema lawan arah atau contra flow apabila kondisi lalu lintas kendaraan sudah padat.

"Kami juga selalu berkoordinasi dengan Patroli Jalan Raya (PJR) dan PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO)," katanya.

Jasa Marga juga telah melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan dan Variable Message Sign di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, baik arah Cikampek maupun arah Jakarta untuk memastikan informasi diterima dengan baik oleh pengguna jalan.

Pihaknya memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya pekerjaan dimaksud sekaligus mengimbau pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

"Tetap berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan. Informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dapat diakses melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 3.0 untuk pengguna iOS dan Android," kata dia.

Baca juga: Jasa Marga lanjutkan pemeliharaan Jalan Tol Jakarta-Cikampek
Baca juga: Jasa Marga kembali lanjutkan pekerjaan rekonstruksi Tol Japek

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021