MotoGP

Puncaki FP2 GP Jerman, Oliveira teruskan tren positif KTM

Puncaki FP2 GP Jerman, Oliveira teruskan tren positif KTM

Pebalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira memacu kecepatan motornya saat berlaga di MotoGP Grand Prix Catalunya di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Barcelona, Spanyol, Minggu (6/6/2021). Miguel Oliveira menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 0:40:21.749. ANTARA FOTO/REUTERS/Albert Gea/wsj

Jakarta (ANTARA) - Miguel Oliveira meneruskan performa impresifnya di atas motor KTM sebagai pebalap tercepat dari kedua sesi latihan bebas Grand Prix Jerman, Jumat.

Sang pebalap Portugal telah menikmati sasis baru yang dibawa KTM sejak GP Italia di mana ia finis runner-up dan satu pekan berselang menjuarai Grand Prix Catalunya.

Oliveira mencatatakan waktu tercepatnya di Sirkuit Sachsenring dengan melibas sirkuit terpendek di kalender itu dalam waktu 1:20,690 di sesi latihan bebas kedua, hampir satu detik lebih cepat dari lap time yang ia buat di sesi pagi.

Baca juga: Kemenangan brilian Oliveira di Catalunya beri KTM optimisme

Seluruh pebalap mampu tampil lebih cepat di sesi latihan siang dan pemucak klasemen sementara Fabio Quartararo, yang sempat terjatuh keras di FP1, membayangi sang pebalap KTM dengan margin 0,220 detik di peringkat kedua.

Rekan satu timnya, Maverick Vinales melengkapi peringkat tiga besar dengan jarak 0,333 detik, demikian laman resmi MotoGP.

Meski demikian, kecepatan Oliveira belum bisa ditandingi oleh rekan-rekannya di KTM di saat Danilo Petrucci, Brad Binder, dan Iker Lecuona terlempar dari posisi sepuluh besar.

Sementara itu, juara dunia delapan kali Marc Marquez mendapati dirinya melorot ke P12 setelah sempat menunjukkan tanda-tanda "comeback" dengan menjadi yang tercepat di FP1.

Baca juga: Tercepat di FP1 GP Jerman, Marquez tunjukkan tanda-tanda "comeback"?

Marquez saat ini menjadi pebalap paling dominan di Sachsenring dengan mengantongi tujuh kemenangan di kelas premier sejak debut di MotoGP pada 2013, serta tiga kemenangan di kelas 125cc dan Moto2 di saat sang pebalap Spanyol belum terkalahkan di sirkuit Jerman itu sejak 2010.

Sachsenring tahun lalu batal menggelar Grand Prix karena pandemi COVID-19, yang berarti rentetan kemenangan Marquez masih bertahan.

Juara dunia delapan kali itu menghadapi tantangan tersendiri akhir pekan ini, ketika mendapati P7 sebagai hasil finis terbaiknya musim ini sejak kembali membalap dari cedera berkepanjangan.

Kewalahan dengan lengan kanannya, yang cedera sejak Juli tahun lalu, dan juga bahunya, Marquez tak mengalami masalah melibas tikungan ke kiri, yang mendominasi sirkuit berlawanan arah jarum jam di Jerman tersebut.

Alex Rins, yang telah pulih pascaoperasi menyusul kecelakaan sepeda di Catalunya, membawa motor Suzuki GSX-RR ke peringkat empat di saat rekan satu timnya, Joan Mir tercecer ke P16.

Baca juga: Selesai dioperasi, Rins kemungkinan fit untuk GP Jerman

Selanjutnya Pol Espargaro

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

KSP Moeldoko minta setiap produk UMKM disematkan brand MotoGP

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar