Mereka bisa menemukan jalur touring dengan panorama alam indah sehingga bisa membuat masyarakat untuk datang ke lokasi tersebut
Jakarta (ANTARA) - Rombongan tur Wonderful Ride, perjalanan komunitas sepeda motor bagian dari program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menyosialisasikan penerapan Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE) di obyek wisata, dalam dua hari telah mengunjungi banyak destinasi wisata di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain menyosialisasikan penerapan Kebersihan, Kesehatan, Keamanan, dan Ramah Lingkungan di obyek wisata, rombongan tur Wonderful Ride juga mengajak masyarakat dan wisatawan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. Bersama Satgas Jamban Jawa Tengah dan DIY, rombongan ini memelopori pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan toilet umum di tempat wisata.

"Revitalisasi fasilitas umum berupa toilet yang bersih di lokasi wisata menjadi tujuan Kemenparekraf untuk membuat pengunjung lebih nyaman menikmati liburannya. Mari kita jaga kebersihan toilet ini untuk membuat para wisatawan lebih banyak datang untuk membantu perekonomian di sektor pariwisata kembali bangkit dengan tetap menjalankan protokol kesehatan," kata Ketua Satgas Jamban Jawa Tengah dan DIY, Pujo Priyono, dalam pernyataan pers, Jumat.

Baca juga: Sandiaga Uno ajak komunitas otomotif perkuat CHSE saat berwisata

Turut dalam rombongan tur Wonderful Ride pada 15-17 Juni 2021 ini antara lain selebritas Tora Sudiro dan Darius Sinathrya. Darius mengatakan bahwa menjaga ekosistem di dunia pariwisata agar tetap terus berkesinambungan perlu adanya kolaborasi antara pemerintah, pelaku wisata, dan juga masyarakat, termasuk komunitas motor.

"Mereka bisa menemukan jalur touring dengan panorama alam indah sehingga bisa membuat masyarakat untuk datang ke lokasi tersebut. Melalui Wonderful Ride GeBer Komunitas, kami juga datang untuk sosialisasi CHSE di lokasi wisata agar selama pandemi ini tetap bisa dikunjungi oleh para wisatawaan," kata Darius.

Sementara Tora Sudiro mengatakan bahwa keberadaan dan kebersihan fasilitas umum di lokasi wisata merupakan salah satu kunci sebuah destinasi tersebut layak dikunjungi.

"Saya termasuk salah satu orang yang sangat peduli dengan kebersihan toilet karena itu sangat mengapresiasi langkah Satgas Jamban dalam menjaga kebersihan toilet di lokasi wisata. Dengan adanya Wonderful Ride ini saya berharap semua kawasan wisata di seluruh Indonesia bisa berbenah untuk pemulihan ekonomi di mana salah satunya turut dibantu oleh komunitas motor," jelas Tora.

Dalam perjalanannya, rombongan Wonderful Ride ini memulainya dengan melintasi daerah Batang untuk singgah di Forest Kopi dilanjutkan ke Telaga Warna di kawasan Dieng Park sekaligus meninjau fasilitas toilet bersama Satgas Jamban Jawa Tengah.

Baca juga: Sandiaga Uno ajak komunitas motor hidupkan pariwisata Indonesia

Kebersihan toilet di lokasi wisata menjadi salah satu misi yang diangkat dalam program Wonderful Ride ini dalam membantu mempromosikan destinasi wisata di daerah.

Selama di Dieng, rombongan juga menikmati berbagai fasilitas seperti pemandian air panas D’Qiano serta kudapan khas daerah Wonosobo.

Para bikers kemudian melanjutkan perjalanannya menuju Temanggung, menyambangi Desa Wisata Posong. Kawasan wisata ini memiliki pemandangan indah di antara Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Di sana, Tora Sudiro dan Darius Sinathrya juga meresmikan fasilitas toilet dilanjutkan dengan penanaman pohon.

Setelah menikmati pemandangan indah di Desa Wisata Posong, rombongan tur Wonderful Ride langsung menuju Magelang yakni ke Desa Wisata Tuksongo Borobudur dan dilanjutkan dengan talkshow "Kolaborasi Komunitas Kreatif untuk Mendorong Industri Pariwisata di Masa Pandemi dan Penerapan CHSE".

Baca juga: Sandiaga dukung pengembangan wisata otomotif di Indonesia

Selain menghadirkan Tora Sudiro dan Darius Sinathrya, diskusi ini juga mengajak seniman Didik Nini Thowok, Nasrullah Larada, pebisnis apparel Reyner Christian serta pembicara dari Dinas Pariwisata DI Yogyakarta. Diskusi mengupas tentang apa itu sertifikasi CHSE, bagaimana cara mendapatkannya serta hal-hal berkaitan dengan strategi pemasaran di media sosial menjadi bahasan menarik di Netes Café.

Pada hari terakhir perjalanannya, rombongan menyambangi Dapoer Khayangan di Kulon Progo untuk sarapan di restoran milik Didik Nini Thowok lalu menuju Kejawa dan Kopi Tempuran sebelum akhirnya pulang ke Jakarta.

Seluruh peserta rombongan Wonderful Ride juga menjalani tes usap (swab) baik sebelum maupun sesudah touring untuk memastikan mereka sehat dan bebas dari COVID-19.

Wonderful Ride ini juga didukung oleh berbagai pihak seperti Mitsubishi Motors Indonesia, PT Pegadaian (Persero), Adira Insurance, Yellow Corn Indonesia, RRMF, Riderspot, Riple Motorental, IIMS, Benelli Motor Indonesia, Belajar Helm dan LA 32 Riders.

Baca juga: Sandiaga Uno ajak komunitas otomotif perkuat CHSE saat berwisata

Baca juga: Destinasi Pariwisata Super Prioritas akan miliki wisata otomotif

Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021