Piala Eropa 2020

Penalti Emil Forsberg perbesar asa Swedia ke 16 besar

Penalti Emil Forsberg perbesar asa Swedia ke 16 besar

Gelandang serang tim nasional Swedia Emil Forsberg melakukan selebrasi seusai mengkonversi tendangan penalti ke gawang Slovakia dalam lanjutan Grup E Euro 2020 di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia, Jumat (18/6/2021). ANTARA/REUTERS/POOL/Kirill Kudryatsev

Jakarta (ANTARA) - Tendangan penalti yang sukses dikonversi Emil Forsberg memperbesar asa tim nasional Swedia untuk melangkah ke babak 16 besar Euro 2020 seusai mengalahkan Slovakia 1-0 dalam lanjutan Grup E di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia, Jumat.

Swedia sementara naik ke puncak klasemen Grup E dengan raihan empat poin, menjaga peluang mereka lolos ke babak gugur semakin terbuka.

Sedangkan Slovakia yang kini turun ke posisi kedua dengan tiga poin, juga masih berpeluang untuk lolos entah sebagai dua teratas atas salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik turnamen, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Busquets kembali ke skuad Spanyol setelah tes negatif
Baca juga: Belgia sempat dikagetkan Denmark, untung ada de Bruyne, Hazard, Witzel


Gol penalti Forsberg menjadi buah kerja keras Swedia yang penampilannya meningkat sepanjang babak kedua, setelah relatif lebih banyak tertekan di paruh pertama.

Kendati lebih banyak mengendalikan bola di babak pertama, Slovakia juga tidak begitu mampu menciptakan peluang berarti.

Empat menit pertandingan berjalan, Swedia sempat memperoleh peluang lewat tendangan spekulasi jarak jauh sang kapten Sebastian Larsson, sayang bola yang membentur mengenai barisan pertahanan Slovakia bisa dibaca dan diamankan kiper Martin Dubravka.

Semenit berselang, Slovakia mendapat sepak pojok dan Juraj Kucka berusaha menyambut umpan kiriman Marek Hamsik sayang sundulannya masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Dua menit jelang turun minum, Slovakia memperoleh peluang terbaik mereka di babak pertama ketika Ondrej Duda menyodorkan umpan tetapi penyelesaian Hamsik melambung tinggi di atas mistar gawang.

Baca juga: UEFA yakin semifinal dan final Piala Eropa bisa diadakan di Wembley
Baca juga: Preview Euro 2020: Kroasia vs Republik Ceko


Selepas turun minum, kedua tim tampil lebih agresif dalam melancarkan serangan dan Swedia beberapa kali lebih mampu menebar ancaman atas gawang Slovakia.

Pada menit ke-59, semenit setelah peluang Kucka diamankan kiper Robin Olsen dan sudah terjebak offside, Larsson mengirimkan umpan silang berbahaya yang disambut tandukan tajam Ludwig Augustinsson tetapi Dubravka menepisnya ke atas mistar gawang.

Lantas pada menit ke-71, Alexander Isak yang kembali tampil gemilang mampu melewati sedikitnya tiga bek Slovakia saat menusuk dari sisi sayap kiri, sayang penyelesaiannya dimentahkan secara gemilang oleh Dubravka.

Sayangnya, empat menit kemudian Dubravka terpaksa harus menjatuhkan Robin Quaison yang lolos dari kawalan barisan pertahanan Slovakia di dalam kotak penalti dan wasit Daniel Siebert tanpa ragu segera menunjuk titik putih.

Forsberg yang menghadapi bola dengan tenang mengkonversi tendangan penaltinya ke pojok kanan bawah gawang yang tidak mampu dijangkau oleh Dubravka demi membawa Swedia memimpin 1-0 atas Slovakia.

Slovakia berjuang keras untuk mencetak gol balasan, tapi jibaku mereka tak kunjung membuahkan hasil termasuk dua percobaan David Hancko dan Milan Skriniar yang gagal menembus barisan pertahanan Swedia.

Di pertandingan penutup Grup E yang berlangsung serempak pada Rabu (23/6), Swedia akan menghadapi Polandia di Saint Petersburg sedangkan Slovakia harus terbang ke Sevilla menantang salah satu tuan rumah unggulan, Spanyol.

Baca juga: Biang kekalahan Austria dari Belanda menurut Franco Foda
Baca juga: Denzel Dumfries aktor penting dalam langkah besar Belanda


 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cegah COVID-19, nobar Piala Eropa dilarang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar