Anies tegur pengelola kafe dan resto utamakan keselamatan semua orang

Anies tegur pengelola kafe dan resto utamakan keselamatan semua orang

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat inspeksi mendadak pada salah satu tempat kuliner di Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (18/6/2021) malam. ANTARA/Fianda SR

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegur pengelola restoran, kafe, dan rumah makan agar mengambil sikap bertanggung jawab dan memperhatikan keselamatan seluruh warga pada masa pandemi COVID-19.

"Pada para pengelola restoran, kafe dan rumah makan, pikirkan keselamatan diri anda dan pengunjung tempat anda berusaha," ujar Anies di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat.

Ia mengingatkan bahwa ancaman penyakit mampu menghilangkan kenikmatan rasa saat makan. Apalagi bila keluarga terdekat sudah terpapar virus, semua akan merasakan ketegangan atau kepanikan, termasuk pemerintah dan tenaga kesehatan yang ada di garda terdepan.

"Makanan saat ini mungkin terasa enak, tapi bila anda terpapar, rasa enak itu hilang sama sekali. Anda pun nanti akan merasakan penderitaan karena terkena paparan COVID. Jadi ingat bahwa ini soal keselamatan, ini keselamatan, ini keselamatan," ujar Anies.

Gubernur DKI itu menyesali temuan praktik tidak bertanggung jawab dari para pengelola restoran, kafe, dan rumah makan di wilayah DKI Jakarta.

Saat Anies bersama Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Irjen Pol. Fadil Imran dan Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta Mayjen TNI Mulyo Ajie menginspeksi langsung pada sejumlah titik keramaian.

Anies menyebutkan aturan kapasitas tempat makan maksimal 50 persen tidak diindahkan oleh pengelola tersebut.

"Ini bukan semata-mata ketaatan pada aturan, tapi tentang menyelamatkan saudara sebangsa dari keterpaparan. Kami menemukan tadi beberapa (restoran yang melanggar aturan kapasitas maksimal 50 persen). Nanti data lengkapnya, karena malam ini terjadi di berbagai tempat," tutur Anies.

Baca juga: Tren kasus COVID-19 di DKI Jakarta naik signifikan
Baca juga: Jakarta berada dalam kondisi puncak baru pandemi COVID-19
Baca juga: Jika ada kerumunan, Anies minta warga laporkan ke JAKI

Pewarta: Abdu Faisal dan Ricky Prayoga
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Anies kunjungi tempat isolasi yang diinisiasi swasta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar