Piala Eropa 2020

Raih 'star of the match', Isak akui membela Swedia adalah hal spesial

Raih 'star of the match', Isak akui membela Swedia adalah hal spesial

Penyerang tim nasional Swedia Alexander Isak (kanan) melewati hadangan bek Slovakia Lubomir Satka dalam lanjutan Grup E Euro 2020 di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia, Jumat (18/6/2021). ANTARA/REUTERS/POOL/Kirill Kudryatsev

Jakarta (ANTARA) - Penyerang tim nasional Swedia Alexander Isak meraih penghargaan star of the match atau pemain terbaik saat timnya mengalahkan Slovakia 1-0 dalam lanjutan Grup E Euro 2020 di Saint Petersburg, Rusia, Jumat.

Pemain Real Sociedad itu mengakui bahwa kesempatan membela Swedia di turnamen bergengsi seperti Euro adalah hal yang spesial baginya.

"Sebelum Euro saya selalu berusaha menjelaskan betapa besar maknya main untuk Swedia, tapi ini semua lebih spesial lagi," kata Isak selepas laga dilansir laman resmi UEFA.

"Bisa mewakili Swedia dalam turnamen bergengsi di stadion-stadion ini adalah perasaan yang luar biasa," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Penalti Emil Forsberg perbesar asa Swedia ke 16 besar
Baca juga: Pelatih Hongaria akui perbedaan besar antara skuadnya dengan Prancis


Nama Isak dipilih sebagai star of the match oleh mantan pemain Finlandia Mixu Paatelainen yang bertugas sebagai peninjau teknis UEFA.

"Ia selalu bisa menciptakan bahaya dan ancaman di lini belakang Slovakia," kata Paataelainen.

Isak yang juga main bagus melawan Spanyol di laga pertama, melanjutkan tren penampilannya itu saat Swedia menghadapi Slovakia.

Dalam beberapa kesempatan Isak kerap memimpin lini depan Swedia mengancam pertahanan Slovakia.

Salah satunya pada menit ke-71 saat ia berhasil melewati sedikitnya tiga pemain Slovakia untuk menusuk ke dalam kotak penalti, sayang tembakan penyelesaiannya bisa dimentahkan oleh kiper Martin Dubravka.

Isak juga mengirimkan umpan matang untuk Robin Quaison yang belakangan dijatuhkan oleh Dubravka, menghasilkan tendangan penalti yang sukses dikonversi Emil Forsberg jadi gol penentu kemenangan Swedia.

Baca juga: Deschamps sebut Griezmann salah satu pemain terbaik Eropa bahkan dunia
Baca juga: Chiellini berharap segera pulih dan siap mainkan babak 16 besar


"Sungguh menyenangkan melihatnya tampil di lapangan, karena ia talenta yang luar biasa," kata pelatih timnas Swedia Janne Andersson.

"Ia pemain muda yang masih punya banyak ruang untuk berkembang. Saya pikir masih banyak hal yang bisa ia tunjukkan. Dia main sangat bagus hari ini," ujarnya menambahkan.

Kontribusi Isak turut membantu Swedia membuka peluang untuk lolos ke babak 16 besar setelah mengambil alih posisi puncak klasemen sementara Grup E dengan raihan empat poin.

Jika lolos ke babak gugur Euro 2020, hal itu akan jadi penebusan bagi Swedia yang di tiga edisi sebelumnya langkahnya selalu terhenti di fase penyisihan grup.

Swedia akan menutup penampilan di Grup E dengan menghadapi Polandia di Saint Petersburg pada Rabu (23/6).

Baca juga: De Boer yakin Belanda akan semakin bagus saja
Baca juga: Swiss harus tinggalkan kekecewaan di Roma


 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cegah COVID-19, nobar Piala Eropa dilarang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar