New York (ANTARA) - Dolar AS memperpanjang relinya terhadap sekeranjang mata uang utama pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), menumpuk keuntungan yang dicatat setelah Federal Reserve AS mengejutkan pasar dengan memberi sinyal akan menaikkan suku bunga dan mengakhiri pembelian obligasi darurat lebih cepat dari yang diperkirakan.

Indeks dolar, yang melacak greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, naik 0,37 persen pada 92,213, tertinggi sejak pertengahan April. Reli menempatkan indeks pada kecepatan untuk kenaikan mingguan hampir 2,0 persen, lompatan mingguan terbaik dalam sekitar 14 bulan.

Sentakan terhadap valuta asing dipicu pada Rabu (16/6/2021) oleh perkiraan Fed yang menunjukkan 13 dari 18 orang dewan kebijakan memperkirakan suku bunga naik pada 2023, dibandingkan hanya enam sebelumnya, dengan anggota dewan rata-rata memberi tip dua kenaikan pada 2023.

Sentimen risiko investor mendapat pukulan lagi setelah Presiden Federal Reserve St. Louis James Bullard mengatakan pada Jumat (18/6/2021) bahwa pergeseran bank sentral AS minggu ini menuju pengetatan kebijakan moneter yang lebih cepat adalah respons "alami" terhadap pertumbuhan ekonomi dan khususnya inflasi yang bergerak lebih cepat dari yang diharapkan saat negara dibuka kembali dari pandemi virus corona.

“Saya pikir ini adalah gaung langsung dari taper tantrum 2013. Anda melihat pergeseran yang dirasakan dalam fungsi reaksi Fed yang mendorong investor ke dolar AS yang aman," kata Karl Schamotta, kepala strategi pasar di Cambridge Global Payments di Toronto.

Dengan investor menilai pengurangan stimulus moneter AS yang luar biasa lebih cepat dari perkiraan, euro dan yen berada di bawah tekanan jual selama beberapa sesi perdagangan terakhir.

“Pada dasarnya, seluruh dunia kekurangan dolar dalam hal ini, semua orang mulai dari pedagang spekulatif hingga perusahaan hingga investor,” kata Schamotta.

"Anda melihat penjualan besar-besaran (dolar) istirahat di sini," katanya.

Tidak adanya taruhan bearish yang cukup besar terhadap dolar diperkirakan akan memberikan dukungan untuk greenback dalam beberapa hari mendatang, kata investor.

Kepala mata uang Goldman Sachs Asset Management, Arnab Nilim, yang telah menjual mata uang AS menjelang pertemuan Fed Juni, mengatakan kepada Reuters bahwa ia telah mengurangi posisinya dan mengharapkan dolar AS berkinerja baik, terutama terhadap mata uang berimbal hasil rendah.

Dengan Bank Sentral Eropa yang dovish tampaknya jauh di belakang The Fed dalam siklus kebijakan moneter, para pedagang akan enggan membeli euro terhadap dolar.

“Bank sentral AS selangkah lebih maju dan akibatnya dolar kemungkinan akan tetap didukung dengan baik terhadap euro,” kata ahli strategi Commerzbank dalam catatan harian mereka.

Dengan pasar ekuitas terpukul, dolar Australia – dilihat sebagai proksi untuk selera risiko – turun 0,68 persen pada 0,74995 dolar AS, terendah sejak Desember 2020..

Sterling memperpanjang penurunannya terhadap dolar AS pada Jumat (18/6/2021), turun di bawah 1,39 dolar AS, terpukul oleh kejutan hawkish Fed dan penurunan tak terduga dalam penjualan ritel Inggris.

Langkah risk-off (penghindaran risiko) juga memukul mata uang kripto, dengan Bitcoin gagal mendapatkan dorongan dari berita bahwa bank Spanyol BBVA akan membuka layanan perdagangan Bitcoin untuk semua nasabah perbankan swasta di Swiss. Bitcoin turun 7,0 persen pada 35.451,09 dolar AS.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021