KBRI--Universitas Osaka kerja sama pangan, bioteknologi, kesehatan

KBRI--Universitas Osaka kerja sama pangan, bioteknologi, kesehatan

Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi (kiri) dan Presiden Universitas Osaka, Shojiro Nishio, menandatangani kerja sama di bidang Kesehatan, Pangan dan Bioteknologi di Osaka, Jumat (18/6/2021). ANTARA/HO-KBRI Tokyo/am.

Indonesia meyakini komunitas global harus bekerja lebih erat  untuk mengatasi krisis global yang dipicu pandemi Covid-19,...
Jakarta (ANTARA) - KBRI Tokyo dan Universitas Osaka melakukan kesepakatan kerja sama di bidang pangan, bioteknologi dan kesehatan sebagai upaya mempromosikan tujuan pembangunan berkelanjutan di bidang terkait serta mengatasi krisis sebagai dampak global COVID-19.

Keterangan tertulis dari KBRI Tokyo yang diterima di Jakarta, Sabtu, menyebutkan kesepakatan kerja sama ini ditandatangani oleh Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi dan Presiden Universitas Osaka, Shojiro Nishio di Osaka, Jumat (18/6).

Kesepakatan kerja sama antara KBRI Tokyo dan Universitas Osaka merupakan tindak lanjut kunjungan Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga ke Indonesia pada Oktober 2020.

Baca juga: RI beri penghargaan bagi awak kapal Jepang yang bantu selamatkan WNI

"Indonesia meyakini komunitas global harus bekerja lebih erat  untuk mengatasi krisis global yang dipicu pandemi Covid-19, mengingat tidak ada satupun negara yang mampu mengatasi pandemi Covid-19 ini tanpa melakukan kerja sama dengan negara lain." ujar Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi.

Kerja sama internasional antara Indonesia dan Jepang dalam menanggapi pandemi global, lanjutnya, amat penting, sehingga KBRI Tokyo menyambut baik upaya memperkuat kerja sama yang sudah ada maupun yang akan datang antara Indonesia dan Jepang terutama antar pemangku kepentingan di bidang kesehatan, pangan dan bioteknologi.

Komunikasi dengan pihak terkait di Indonesia menurut Dubes Heri perlu terus dilakukan, antara lain Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan, Institut Teknologi Bandung dan lembaga penelitian di Indonesia, untuk mendorong kerja sama yang kongkrit dengan Universitas Osaka.

Baca juga: Indonesia-UNFPA-Jepang kerja sama wujudkan pembangunan berkelanjutan

Dia berharap pertemuan secara virtual antara berbagai pemangku kepentingan di Indonesia dengan Universitas Osaka untuk membahas ruang lingkup kerja sama antara Indonesia dan Jepang dapat segera dilakukan.

Sementara itu Presiden Universitas Osaka, Shojiro Nishio menyampaikan pihaknya menyambut baik kerjasama dan kemitraan Indonesia – Jepang dan berharap kerja sama yang lebih erat dengan institusi di Indonesia, baik pemerintah, swasta, dan akademisi.

 

Pewarta: Subagyo
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

RI jalin kesepakatan baru dengan Korea Selatan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar