Pemkot Palangka Raya sasar vaksin lansia dengan jemput bola

Pemkot Palangka Raya sasar vaksin lansia dengan jemput bola

Peserta vaksin lansia (tengah) didampingi Lurah Menteng Rossalinda Rahmanasari (kedua kiri) dan Kepala Puskesmas Menteng Sugito (kiri) menerima bingkisan dari TNI saat vaksinasi massal di Palangka Raya, Sabtu (19/6/2021). ANTARA/Rendhik Andika/am.

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah terus menyasar para orang lanjut usia untuk diberikan suntikan vaksin COVID-19 melalui program jemput bola.

"Tim kita terus bergerak. Ada yang melayani di pusat layanan kesehatan dan sebagian dilakukan dengan jemput bola dengan vaksin massal bagi para lansia," kata kata Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, Sabtu

Fairid mengatakan vaksinasi massal di berbagai tempat baik di dalam kota maupun di wilayah luar kota agar vaksinasi COVID-19 ini semakin merata sehingga penduduk semakin terlindungi dari ancaman penyebaran virus tersebut.

Pernyataan itu diungkapkan dia terkait pelaksanaan vaksinasi COVID-19 secara massal dengan sasaran utama para lansia yang dilaksanakan Puskesmas Menteng dan Kelurahan Menteng kota setempat.

Sementara itu di lokasi vaksin massal yang dipusatkan rumah seorang pengurus RT di Jalan G Obos 10 Palangka Raya, Lurah Menteng Rossalinda Rahmanasari mengatakan vaksinasi juga menjadi bagian dari program pemerintah kota untuk mempercepat capaian vaksinasi COVID-19.

"Untuk saat ini sasaran utamanya yakni para lansia. Namun karena ini juga merupakan bagian program vaksin dua banding satu maka diantara peserta vaksin juga ada yang usianya antara 18-50 tahun," kata wanita berhijab itu.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Palangka Raya tambah 11 jadi 6.201
Baca juga: Direktur RSUD Doris Sylvanus curigai 50 sampel seperti varian baru


Melalui program ini masyarakat umum di wilayah setempat dapat memperoleh layanan vaksin COVID-19 secara gratis, sepanjang membawa dua orang usia di atas 50 tahun ke fasilitas kesehatan untuk divaksin.

Program vaksinasi COVID-19 mekanisme dua banding satu ini yakni untuk satu orang masyarakat umum usia 18-49 tahun dapat menerima vaksin COVID-19 bila membawa dua orang usia 50 tahun ke atas ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk mendapatkan vaksin.

Kepala Puskesmas Menteng Sugito menambahkan bahwa pada vaksinasi COVID-19 dengan sasaran lansia itu ditargetkan 100 orang disuntik vaksin dosis pertama.

"Untuk hari ini kita menargetkan 100 orang baik langsung maupun warga yang membawa dua lansia dapat divaksin COVID-19 tahap pertama. Untuk tahap kedua juga akan kita laksanakan di lokasi yang sama dengan jumlah sasaran sama," kata Sugito.

Pantauan di lapangan para lansia dan warga yang membawa lansia tersebut nampak antusias mengikuti vaksin COVID-19. Meski harus antre para warga tetap mengikuti seluruh rangkaian proses vaksinasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pada kegiatan vaksinasi yang mendapat pengamanan dari Bhabinkamtibmas dan Babinsa itu,  pihak TNI juga menyerahkan sejumlah bingkisan seperti beras dan kebutuhan bahan pokok kepada mereka yang telah divaksin.

Baca juga: 17 Kelurahan di Palangka Raya zona hijau COVID-19
Baca juga: Ketiga pasien COVID-19 varian B.1.617 sembuh

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Dinkes Lhokseumawe prioritaskan vaksin bagi lansia dan pelayan publik

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar