Menparekraf: Desa Pao Gowa salah satu penerima Anugerah Desa Wisata

Menparekraf: Desa Pao Gowa salah satu penerima Anugerah Desa Wisata

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Air Terjun Bantimurung Gallang, Desa Pao, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, Sulsel dalam rangkaian lawatan kerjanya selama beberapa hari di Sulsel, Sabtu (19/6/2021). ANTARA/HO-Pemkab Gowa

Gowa (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Desa Pao, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan salah satu nomine dari banyak desa yang akan meraih Anugerah Desa Wisata (ADW) Indonesia 2021.

"Desa Pao masuk menjadi salah satu peserta dalam Anugerah Desa Wisata (ADW) Indonesia 2021 dan memang sangat indah," ujarnya di Gowa, Sabtu.

Ia mengatakan kunjungannya ke beberapa daerah di Indonesia, khususnya Sulawesi Selatan, banyak membuka matanya karena bisa melihat langsung desa-desa wisata yang indah.

Di Desa Pao, dirinya mengunjungi air terjun Bantimurung Gallang. Destinasi wisata ini terletak di dataran tinggi Kabupaten Gowa.

Menurut dia, Kabupaten Gowa memiliki banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan yang tujuannya meningkatkan perekonomian daerah, apalagi di tengah pandemi COVID-19.

"Kabupaten Gowa ini ternyata punya banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan, ada air terjun, pegunungan, wisata alam dan lainnya. Saya sangat takjub, daerah ini sangat indah," katanya.

Baca juga: Desa Genilangit Magetan jadi finalis Anugerah Desa Wisata 2021

Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni saat menerima kunjungan Menparekraf Sandiaga Uno didampingi Penjabat Sekda Gowa Kamsina mengatakan daerah setempat memiliki cukup banyak potensi wisata, salah satunya air terjun.

Saat ini ada 20 lokasi air terjun, salah satunya air terjun Bantimurung Gallang. Destinasi wisata Ini salah satu daya tarik wisatawan yang ingin merasakan pengalaman berwisata alam.

"Kami menaruh harapan agar Bapak Menparekraf dapat mendukung desa wisata di Kecamatan Tombolopao dan kecamatan lainnya, sebab dipercaya sektor pariwisata di Kabupaten Gowa akan kembali bangkit dari perekonomian yang terpuruk akibat pandemi," katanya.

Letak Kabupaten Gowa strategis karena berbatasan langsung dengan Kota Makassar yang merupakan ibu kota Sulsel. Belum lagi berbatasan dengan delapan kabupaten serta kota lainnya. Kabupaten Gowa memiliki 18 kecamatan, 121 desa, dan 46 kelurahan.

Baca juga: Kemenparekraf luncurkan Apresiasi Kreasi Indonesia bangkitkan ekonomi
Baca juga: Sandiaga nilai Desa Tugu Selatan Bogor miliki daya tarik wisata
Baca juga: Menparekraf ajak masyarakat ikuti Anugerah Desa Wisata 2021

 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sandiaga dorong tiga pilar utama pulihkan sektor parekraf

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar