Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Pramac Racing Johann Zarco akan start terdepan di Grand Prix Jerman setelah menjadi yang tercepat di babak kualifikasi pada Sabtu, mematahkan rentetan lima pole position kompatriot asal Prancis Fabio Quartararo.

Zarco mencetak waktu terbaiknya 1:20,236 sebelum terjatuh di Tikungan 5 ketika sesi Kualifikasi 2 (Q2) menyisakan waktu satu setengah menit.

Catatan waktu tersebut bertahan hingga akhir sesi dan Zarco berhak atas pole position pertamanya musim ini dan keenam dalam kariernya di kelas premier.

Quartararo harus puas dengan posisi start kedua setelah terpaut margin tipis 0,011 detik dari pole sitter, sementara Aleix Espargaro mempersembahkan posisi start baris terdepan pertama kalinya untuk tim Aprilia di P3, demikian laman resmi MotoGP.

El Diablo menjadi satu-satunya pebalap Yamaha yang lolos ke Q2 setelah memuncaki catatan waktu kombinasi ketiga sesi latihan bebas, dibayangi oleh Jack Miller dan Johann Zarco yang menguntit dengan margin kurang dari 0,1 detik setelah FP3.

Tim Ducati Lenovo dan Pramac Racing menemukan progres dan mengirimkan seluruh wakilnya langsung ke Q2 setelah sempat kewalahan menembus peringkat sepuluh besar di sesi latihan Jumat.

Miller akan memulai serangan dari baris kedua setelah finis P4 di depan pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez, yang menggunakan fairing baru Honda, dan pebalap KTM Miguel Oliveira.

Baca juga: Tercepat di FP1 GP Jerman, Marquez tunjukkan tanda-tanda "comeback"?

Marquez saat ini menjadi pebalap paling dominan di Sachsenring dengan mengantongi tujuh kemenangan di kelas premier sejak debut di MotoGP pada 2013, serta tiga kemenangan di kelas 125cc dan Moto2 di saat sang pebalap Spanyol belum terkalahkan di sirkuit Jerman itu sejak 2010.

Sachsenring tahun lalu batal menggelar Grand Prix karena pandemi COVID-19, yang berarti rentetan kemenangan Marquez masih bertahan.

Juara dunia delapan kali itu menghadapi tantangan tersendiri akhir pekan ini, ketika mendapati P7 sebagai hasil finis terbaiknya musim ini sejak kembali membalap dari cedera berkepanjangan.

Kewalahan dengan lengan kanannya, yang cedera sejak Juli tahun lalu, dan juga bahunya, Marquez tak mengalami masalah melibas tikungan ke kiri, yang mendominasi sirkuit berlawanan arah jarum jam di Jerman tersebut.

Sedangkan Quartararo tiba di seri kedelapan dengan keunggulan 14 poin atas Zarco sebagai pemucak klasemen sementara.

Baris ketiga akan dihuni oleh rookie tim Pramac Racing Jorge Martin, Pol Espargaro (Repsol Honda) dan Takaaki Nakagami (LCR Honda), meski sang pebalap Jepang sempat terjatuh di akhir sesi.

Baca juga: Puncaki FP2 GP Jerman, Oliveira teruskan tren positif KTM

Pada saat Quartararo telah menikmati tiga kemenangan musim ini, Zarco masih mencari peluang untuk kemenangan perdananya di kelas premier. Sang pebalap Pramac Racing dibayangi duet pebalap tim pabrikan Ducati Jack Miller dan Francesco Bagnaia, di saat juara dunia bertahan Joan Mir menghuni peringkat lima klasemen namun terpaut 37 poin dari Quartararo.

Alex Rins kembali membalap setelah menjalani operasi menyusul kecelakaan ketika latihan bersepeda di Catalunya. Sang pebalap Suzuki harus melewati Q1 terlebih dahulu namun tak cukup cepat untuk meraih posisi start lebih tinggi dari P11.

Sementara rekan satu timnya, juara dunia bertahan Joan Mir bakal start dari P17.

Duet tim Petronas Yamaha SRT Franco Morbidelli dan Valentino Rossi mendapati akhir pekan yang berat di saat keduanya hanya mampu mengamankan P18 dan P16. Demikian pula Maverick Vinales yang secara mengejutkan terlempar ke P21.

Baca juga: Oliveira optimistis incar pole kedua dalam karier di Sachsenring

Starting grid GP Jerman
1 Johann Zarco Pramac Ducati (GP21)
2 Fabio Quartararo Monster Yamaha (YZR-M1)
3 Aleix Espargaro Aprilia Gresini (RS-GP)
4 Jack Miller Ducati Team (GP21)
5 Marc Marquez Repsol Honda (RC213V)
6 Miguel Oliveira Red Bull KTM (RC16)
7 Jorge Martin Pramac Ducati (GP21)
8 Pol Espargaro Repsol Honda (RC213V)
9 Takaaki Nakagami LCR Honda (RC213V)
10 Francesco Bagnaia Ducati Team (GP21)
11 Alex Rins Suzuki Ecstar (GSX-RR)
12 Alex Marquez LCR Honda (RC213V)
13 Brad Binder Red Bull KTM (RC16)
14 Luca Marini VR46 Avintia Ducati (GP19)
15 Enea Bastianini Avintia Ducati (GP19)
16 Valentino Rossi Petronas Yamaha (YZR-M1)
17 Joan Mir Suzuki Ecstar (GSX-RR)
18 Franco Morbidelli Petronas Yamaha (YZR-M1)
19 Danilo Petrucci KTM Tech3 (RC16)
20 Iker Lecuona KTM Tech3 (RC16)
21 Maverick Viñales Monster Yamaha (YZR-M1)
22 Lorenzo Savadori Aprilia Gresini (RS-GP)
* Rookie

Baca juga: MotoGP Jerman: Mampukah Marquez "comeback" di Sachsenring?
Baca juga: MotoGP Styria dan Austria terbuka untuk penonton dalam kapasitas penuh
Baca juga: Kemenangan brilian Oliveira di Catalunya beri KTM optimisme

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021