Jakarta (ANTARA) - Timnas bola basket Indonesia bakal berjuang habis-habisan pada laga pamungkas Kualifikasi Jendela III FIBA Asia Cup 2021 Grup A melawan Thailand di Pampanga, Angeles City Foundation Gym, Filipina, Minggu (20/6), demi mengunci peringkat tiga klasemen.

"Dari awal memang target kita adalah meraih kemenangan melawan Thailand agar dapat mengunci peringkat ketiga Grup A," kata Manajer Timnas Basket Indonesia Maulana Fahreza Tamrella dalam keterangan resminya, Sabtu.

Saat ini Arki Dikania Wisnu dan kawan-kawan berada di peringkat ketiga Grup A dengan koleksi enam poin hasil dari sekali menang dan empat kali tumbang. Sementara Filipina memimpin klasemen dengan 10 angka. Sedangkan Korea Selatan ada di peringkat kedua. Adapun Thailand sendiri masih menjadi juru kunci grup dengan empat poin.

Baca juga: Indonesia kalah 51-76 dari Filipina di kualifikasi FIBA Asia Cup 2021

Fahreza Tamrella juga mengingatkan kepada tim pelatih Timnas Indonesia untuk mengevaluasi kinerja tim jelang melawan Thailand. Hal ini harus dilakukan mengingat pada laga melawan tuan rumah Filipina tampil kurang mengesankan sehingga kalah 51-76.

Salah satu hal yang cukup mencolok saat menghadapi Filipian adalah rebound. Menurut Fahreza, timnas Indonesia terlalu banyak kecolongan bola.

"Perbedaan 27 rebound sangat menjadi perhatian khusus bagi timnas untuk evaluasi gim selanjutnya melawan Thailand," kata pria yang akrab dipanggil Mocha itu.

Baca juga: Indonesia takluk 81-104 dari Korsel di kualifikasi FIBA Asia Cup 2021

Saat melawan Filipina, Arki Dikania Wisnu dan kawan-kawan sebenarnya tampil cukup baik di babak pertama terutama dalam defense. Namun, secara offense, akurasi kurang begitu baik sehingga timnas tertinggal 8 poin pada babak pertama.

Hal yang menguntungkan saat melawan Thailand adalah Timnas Indonesia bakal main full team. Hardianus Lakudu yang sempat terganggu dengan masalah otot punggung sudah kembali berlatih dengan rekan setim.

"Hardianus sudah latihan bersama tim. Lawan Thailand, dia sudah sudah bisa main. Kita full team hadapi Thailand nanti," kata Asisten manajer Timnas Basket Indonesia Andi Batam.

Baca juga: Timnas basket diharapkan menangi laga lawan Filipina atau Korsel
Baca juga: 12 pemain perkuat timnas basket untuk kualifikasi FIBA Asia Cup 2021
Baca juga: Pelatnas FIBA Asia Cup 2021 berlakukan promosi-degradasi

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021